Kompas.com - 08/08/2018, 18:00 WIB

KOMPAS.com - Terus menerus mendengkur setiap pergi tidur tentunya membuat tidur kurang nyenyak.

Kondisi itu tentu akan mengganggu pasangan atau teman sekamarmu. Mendengkur juga bisa membuat pasangan tidur di kamar yang berbeda, bahkan mengganggu hubungan pernikahan.

Sebanyak 75 persen orang yang mendengkur rentan mengalami sleep apnea, atau sebuah kondisi ketika pernafasan terganggu saat tidur, dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Lebih parah, tak sedikit dari mereka yang mengengkur justru meminum obat-obatan atau menggunakan semprotan untuk mengontrolnya.

Jika demikian, kamu pantas berhati-hati, dan tak ada salahnya untuk memeriksakan kondisi ke dokter. Sebab, banyak obat penghenti dengkuran dijual tanpa diikuti penelitian ilmiah yang mumpuni.

Baca juga: Anak Suka Mendengkur Bisa Berujung Obesitas

Daripada menggunakan obat-obatan, mungkin ada baiknya jika kamu memilih cara alami menghilangkan dengkur.

1. Menurunkan berat badan

Telah terbukti, kelebihan berat badan meningkatkan tendensi mendengkur seseorang.

Hal itu terjadi karena adanya deposit jaringan lemak di bagian leher yang menghalangi jalur respirasi. Hasilnya, suara bernafas yang berisik.

Cobalah turunkan berat badan dengan diet yang tepat dan olahraga, maka frekuensi dan intensitas dengkuran diharapkan akan berkurang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Boldsky


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.