Jangan Sembarangan Memakai Makeup "DIY" - Kompas.com

Jangan Sembarangan Memakai Makeup "DIY"

Kompas.com - 09/08/2018, 11:00 WIB
IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

KOMPAS.com - Kita melihat ada banyak riasan wajah "Do It Yourself" (DIY) beredar di internet. Mulai dari menggunakan krayon untuk pengganti lipstik, hingga mengganti maskara dengan minyak kelapa dan biskuit cokelat.

Selain karena ingin mencoba-coba, make up ini juga dianggap menghemat bujet pembelian kosmetik.

Mungkin memakai bahan pengganti tersebut memang bisa dilakukan, tapi apakah aman untuk kulit?

Ahli kimia L’Oréal Roselin Rosario mengingkatkan bahaya dari make up DIY tersebut, apalagi jika pemilihan bahannya tidak sesuai untuk kulit.

Jadi, jika mau melakukannya pastikan prosedurnya aman.

1. Miskonsepsi "aman"

Make up DIY biasanya menggunakan bahan-bahan alami, tetapi menurut Rosario, tak selalu berarti aman.

"Ada miskonsepsi bahwa bahan makeup yang berasal atau dibuat dari bahan dapur dianggap aman dan sehat," kata Rosario seperti dilansir dari makeup.com.

Faktanya, dengan menggunakan makeup DIY kita berpotensi terpapar bahan kimia dari produk yang digunakan tanpa tahu apa dampaknya.

Rosario menambahkan, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat memiliki aturan dan regulasi yang diperbolehkan untuk kategori kosmetik, termasuk tingkatan kadarnya.

Aturan serupa juga mungkin dimiliki oleh BPOM RI.

"Dengan adanya aturan semacam itu, maka setiap label kosmetik harus memastikan produknya aman dan mematuhi aturan tersebut," kata dia.

Baca juga: Waspadai, 4 Bahan Berbahaya dalam Produk Perawatan Rambut

2. Tak selalu steril dan aman

Rosario juga menekankan pentingnya sebuah produk kosmetik aman untuk semua orang, termasuk anak-anak.

Ia mencontohkan ketika krayon yang dilelehkan digunakan menjadi lipstik. Krayon memang aman selama digunakan sesuai peruntukannya, yaitu untuk mewarnai kertas dan permukaan lainnya, namun bukan untuk kulit.

Sama halnya seperti menggunakan bahan makanans sebagai kosmetik DIY. Hanya karena bahan tersebut bisa dimakan, bukan berarti bahan tersebut bisa digunakan untuk semua hal.

"Efek dan reaksi tertentu bisa saja muncul ketika diaplikasikan pada kulit karena bahan makanan tidak untuk digunakan langsung sebagai makeup," kata Rosario.

Jika kamu benar-benar masih ingin menggunakan produk makeup DIY, Rosario menyarankan untuk menggunakan produk makeup yang sudah ada.

Selama aplikator dan kemasannya dalam keadaan bersih dan steril, mencampurkan warna dan pigmen yang sudah ada adalah cara paling aman.

Hindari menggunakan bahan-bahan yang tidak lazim digunakan langsung untuk kosmetik. Seperti krayon atau minyak kelapa.

"Kreativitas dan eksplorasi memang hal yang menyenangkan, namun lebih baik dimulai dari produk kosmetik yang sudah ada dan terjamin," kata dia.



Close Ads X