Kompas.com - 09/08/2018, 12:11 WIB
Zero waste starter pack. Zero Waste NusantaraZero waste starter pack.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kampanye gaya hidup minim sampah tengah dikampanyekan oleh mereka yang giat mendorong gerakan ramah lingkungan.

Di media sosial, berbagai tagar bisa kita temukan, salah satunya #zerowaste, jika ingin mendapatkan inspirasi mengenai upaya untuk meminimalisasi sampah.

Salah satu komunitas yang mengampanyekan dan berbagi soal ini adalah Komunitas Zero Waste Nusantara (ZWN), yang digagas oleh Jeanny Primasari.

Komunitas ZWN terbentuk pada Mei 2018, yang bisa diikuti di Facebook dan Instagram, @zerowastenusantara.

Gerakan #zerowaste mengampanyekan berbagai upaya yang bisa dilakukan untuk meminimalisasi produksi sampah. 

 

Sering kalah cepet nyodorin kantong kain & barang belanjaan keburu dibungkus plastik oleh si mamang sayur? Sodorin aja kantongnya sebelom barang ditimbang. Or in my case, taruh kantongnya sekalian di keranjangnya si mamang. Kadang sayurnya uda saya masukin kantong, jadi si mamang nimbang sayur uda beserta kantong. Rugi dikit gpp lah, asalkan hati lega. Untuk kantongnya, saya pake aja kantong bekas goodie bag / suvenir & kantong2 lain yg sudah ada di rumah. #belanjatanpaplastik #pasartradisional #belanjazerowaste #zerowastegrocery #zerowaste101 #kantongkain

A post shared by Zero Waste Nusantara (@zerowastenusantara) on May 5, 2018 at 7:29am PDT

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kuliah Whatsapp

Tak hanya melalui media sosial, Jeanny dan beberapa rekannya mengelola grup WA untuk mengenalkan gaya hidup zero waste melalui "kulwap" atau kuliah Whatsapp.

Pada Juli 2018, mereka telah mengadakan 13 kulwap.

Tema-tema yang diangkat antara lain Menebar Virus Zero Waste, Komposter, Zero Waste Grocery Shopping & Cooking, Eco Friendly Personal Care, Eco Friendly Baby Care & Feminine Hygiene, Eco Fashion.

Menurut Jeanny, dari hari ke hari, peminat yang bergabung dalam grup ini semakin tinggi. 

"Grup pertama cepat sekali penuh, ga sampai 1 minggu sudah habis limit jumlah member dari WA-nya," ujar Jeanny, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (8/8/2018).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X