Komunitas Zero Waste Nusantara, Berbagi Gaya Hidup Minim Sampah

Kompas.com - 09/08/2018, 12:11 WIB
Zero waste starter pack.Zero Waste Nusantara Zero waste starter pack.

JAKARTA, KOMPAS.com - Kampanye gaya hidup minim sampah tengah dikampanyekan oleh mereka yang giat mendorong gerakan ramah lingkungan.

Di media sosial, berbagai tagar bisa kita temukan, salah satunya #zerowaste, jika ingin mendapatkan inspirasi mengenai upaya untuk meminimalisasi sampah.

Salah satu komunitas yang mengampanyekan dan berbagi soal ini adalah Komunitas Zero Waste Nusantara (ZWN), yang digagas oleh Jeanny Primasari.

Komunitas ZWN terbentuk pada Mei 2018, yang bisa diikuti di Facebook dan Instagram, @zerowastenusantara.

Gerakan #zerowaste mengampanyekan berbagai upaya yang bisa dilakukan untuk meminimalisasi produksi sampah. 

Kuliah Whatsapp

Tak hanya melalui media sosial, Jeanny dan beberapa rekannya mengelola grup WA untuk mengenalkan gaya hidup  zero waste melalui "kulwap" atau kuliah Whatsapp.

Pada Juli 2018, mereka telah mengadakan 13 kulwap.

Tema-tema yang diangkat antara lain Menebar Virus Zero Waste, Komposter, Zero Waste Grocery Shopping & Cooking, Eco Friendly Personal Care, Eco Friendly Baby Care & Feminine Hygiene, Eco Fashion.

Menurut Jeanny, dari hari ke hari, peminat yang bergabung dalam grup ini semakin tinggi. 

"Grup pertama cepat sekali penuh, ga sampai 1 minggu sudah habis limit jumlah member dari WA-nya," ujar Jeanny, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (8/8/2018).

Melalui kulwap ini, dibagikan berbagai hal yang bisa dipraktikkan sehari-hari seperti membuat komposter, biopori, dan cairan pembersih alami. 

"Tergantung dari masing-masing anggota saja, mana yang mau mereka praktikkan sesuai dengan sikon mereka masing-masing," kata dia.

Sejauh ini, menurut dia, antusiasme peserta kulwap untuk mempraktikkan hal-hal tersebut cukup tinggi.

Halaman Berikutnya
Halaman:



Close Ads X