Mari Rutin Ukur Tekanan Darah Sendiri di Rumah

Kompas.com - 12/08/2018, 18:18 WIB
Ilustrasi mengukur tekanan darah Sasha_SuziIlustrasi mengukur tekanan darah

JAKARTA, KOMPAS.com - Tekanan darah tinggi (hipertensi) bisa memicu kerusakan organ tubuh yang memiliki pembuluh darah, seperti jantung, ginjal, dan otak.

Mereka yang mengalami hipertensi juga memiliki risiko lebih besar terkena stroke dan penyakit jantung koroner.

Namun, sayangnya masih banyak yang belum memahami pentingnya mengukur tekanan darah, apalagi secara rutin.

"Kesadaran (rutin mengukur tekanan darah) belum tinggi. Biasanya hal ini terpengaruh dengan lingkungan dan tingkat pendidikan."

Demikian dikatakan Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah dari RS Jantung Harapan Kita, Bambang Widyantoro di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Mengenali Hipertensi pada Anak dan Kaum Dewasa Muda

Bambang yang juga menjabat sebagai Ketua Panitia May Measurement Day 2017-2018 bersama timnya tengah mengimbau masyarakat untuk lebih peduli terhadap tekanan darah.

Tak hanya untuk memastikan semua orang pernah dan tahu angka tekanan darahnya, tapi juga mengimbau pengukuran tekanan darah di rumah.

Ia menambahkan, ada kemungkinan psikologis seseorang terpengaruh ketika melakukan pengukuran tekanan darah di klinik atau dokter.

Kondisi itu membuat angka tekanan darah menjadi tak akurat. "Kalau di rumah pasti lebih tenang," kata dia.

Pengukuran tekanan darah dianjurkan dilakukan dua kali sehari, yaitu pada pagi ketika bangun pagi dan malam sebelum tidur.

Tekanan darah diukur ketika bangun tidur karena kita belum beraktivitas apapun, sehingga tekanan darah yang terdeteksi murni berada di garis dasar.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X