Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/08/2018, 21:21 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber


KOMPAS.com - Apakah kamu sedang menurunkan berat badan? Olahraga mungkin merupakan cara yang tepat dan banyak dilakukan untuk membakar kalori sehingga penurunan berat badan dapat terjadi.

Namun, ternyata ada banyak cara lain yang bisa kita lakukan untuk membakar kalori dan mungkin tidak pernah kita duga sebelumnya. Apa saja cara membakar kalori yang bisa dilakukan?

1. Sering tertawa

Tertawa membuat kita bahagia dan juga ternyata dapat membakar kalori. Suatu hal yang mungkin tidak disangka sebelumnya, bukan? Tapi, hal ini sudah dibuktikan oleh sebuah penelitian.

Riset yang melibatkan 45 pasangan yang menonton film lucu menunjukkan bahwa tertawa selama menonton film lucu dapat meningkatkan metabolisme sebesar 10-20%.

Bagaimana bisa? Saat tertawa, tubuh akan meningkatkan detak jantung. Hal ini kemudian akan meningkatkan metabolisme tubuh sebesar 10-20%. Sehingga, kalori dalam tubuh akan terbakar lebih besar saat tertawa.

Baca juga: Nonton Film Horor Ternyata Bisa Membakar Kalori

2. Minum air dingin

Banyak orang menyangka bahwa minum air dingin dapat mendorong penumpukan lemak. Sehingga, banyak yang melarang minum air dingin saat sedang diet penurunan berat badan. Namun faktanya, minum air dingin justru dapat membantu tubuh membakar kalori.

Saat minum air dingin, tubuh akan meningkatkan metabolisme untuk menghasilkan panas agar suhu tetap terjaga. Sehingga, tubuh akan membakar lebih banyak kalori.

Penelitian membuktikan bahwa minum air dingin sebanyak 500 ml dapat meningkatkan kalori yang terbakar sebanyak 24-30% selama 90 menit.

Baca juga: Benarkah Mandi Air Dingin Bisa Turunkan Berat Badan?

3. Mengunyah permen karet

Cara membakar kalori berikutnya adalah dengan mengunyah permen karet. Mengunyah permen karet dapat meningkatkan rasa kenyang sehingga mengurangi asupan kalori dari makanan.

Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Rhode Island.

Penelitian tersebut mendapati bahwa orang yang mengunyah permen karet mengonsumsi kalori lebih sedikit saat makan siang dan tidak mengonsumsi makanan yang lebih banyak lagi pada waktu makan selanjutnya. Namun, pastikan permen karet yang kamu pilih adalah yang bebas gula.

Baca juga: Ingin Langsing? Cobalah Kunyah Permen Karet Sambil Jalan Kaki

4. Mendonorkan darah

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com