Kompas.com - 15/08/2018, 09:00 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Menjaga kesehatan kulit dengan melakukan berbagai perawatan itu penting. Bukan hanya wanita, pria juga sebaiknya rutin menjaga kulit dari paparan zat-zat yang bisa memicu penuaan dini pada kulit.

Tanda-tanda penuaan biasanya muncul ketika seseorang menginjak usia 28 tahun. Namun, pada beberapa kasus, penuaan sudah terjadi pada mereka yang menginjak usia 20 tahun.

Salah satu tanda penuaan yang sering membuat banyak orang khawatir adalah penuaan pada kulit. Penuaan kulit ini bisa mengurangi penampilan dan tingkat kepercayaan diri seseorang.

Meski penelitian membuktikan bahwa kulit wanita mengalami penuaan lebih dulu, sebagai pria, kita tetap harus waspada. Penuaan kulit bisa terjadi kapan saja. Apalagi jika terbiasa dengan gaya hidup tidak sehat seperti merokok, jarang minum air putih, kurang tidur, dan sering minum alkohol.

Selain itu, terlalu sering terpapar sinar matahari setiap hari juga bisa berdampak buruk pada kulit.

Baca juga: 5 Produk Perawatan Kulit Pria yang Disarankan

Tanpa perawatan dan gaya hidup yang sehat, risiko penuaan pada kulit jadi lebih besar. Kamu tentu tidak mau kulit tampak lebih tua daripada usia seharusnya, kan? Untuk itu, coba beberapa produk perawatan pria khusus antiaging berikut ini agar kulit tetap terlihat muda dan segar.

1. Krim malam dengan retinol

Ilustrasi priaSjale Ilustrasi pria
Untuk mencegah penuaan pada kulit, krim malam dengan kandungan retinol menjadi pilihan terbaik.

Dilansir dari Reader’s Digest, dr. Nesochi Okeke-Igbokwe, MS, seorang ahli kesehatan dan penyakit dalam di New York mengatakan bahwa retinol merangsang produksi kolagen dan elastin pada kulit.

Kolagen dan elastin adalah protein yang membantu menjaga kulit tetap kenyal dan cerah.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.