Atasi Masalah Rambut Berketombe dengan Jahe

Kompas.com - 16/08/2018, 17:04 WIB
Ilustrasi rambut tipis mraoraorIlustrasi rambut tipis

KOMPAS.com - Ketombe adalah salah satu masalah rambut yang umum terjadi. Penyebab utama ketome adalah kondisi kulit kepala yang kering sehingga terkelupas.

Bukan cuma menyebabkan gatal, ketombe bisa memicu masalah rambut lainnya, seperti peradangan kulit kepala hingga rambut rontok.

Namun, menyelesaikan masalah ketombe tidak harus menggunakan sampo anti-ketombe atau obat rambut lainnya. Kita bisa memanfaatkan bahan alami untuk mengatasinya. Salah satunya, jahe.

Kandungan antiseptik pada jahe bisa membantu mengatasi masalah ketombe secara efektif dengan membasmi infeksi dan jamur pada kulit kepala.

Salah satu penyebab utama ketombe adalah ketidakseimbangan pH. Dalam hal ini, jahe bisa membantu menyeimbangkan pH pada kulit kepala yang juga membantu merangsang pertumbuhan rambut.

Nah, ada beberapa cara yang bisa dipilih. Apa saja?

1. Jahe dan minyak zaitun
Campurkan sekitar satu sendok makan parutan jahe dengan satu sendok makan minyak zaitun. Aplikasikan pada kulit kepala dan pijat lembut sekitar 5 menit dengan gerakan memutar.

Diamkan 30 menit kemudian bilas dengan air biasa. Gunakan sampo untuk membersihkan rambut. Lakukan perawatan ini setidaknya tiga kali dalam seminggu.

2. Jahe dan lemon
Campurkan jahe yang telah dihaluskan dengan beberapa tetes perasan lemon. Campurkan hingga rata sebelum mengoleskannya pada kulit kepala dan rambut, lalu diamkan sekitar 15-20 menit. Setelah 20 menit, bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil terbaik.

3. Jahe dan air mawar
Campurkan jus jahe dan air mawar dengan jumlah yang sama, kemudian tambahkan air. Gunakan campuran ini untuk membilas rambutmu. Lakukan perawatan ini sebanyak dua hingga tiga kali seminggu.

4. Jahe dan bawang
Potong jahe dan masukkan ke dalam blender. Kemudian, potong bawang ukuran sedang menjadi bagian kecil lalu masukkan ke dalam blender. Campurkan dua bahan tersebut hingga membentuk pasta.

Aplikasikan pasta tersebut ke kulit kepala dan rambut kemudian biarkan selama 30-40 menit. Bilas menggunakan air hangat. Sebagai opsi, kamu juga bisa menggunakan bawang putih.

5.Jahe dan cuka apel
Campurkan bubuk jahe dengan sedikit cuka apel kemudian aplikasikan ke kulit kepala dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan sampo. Perawatan ini akan secara efektif menghilangkan ketombe jika kamu melakukannya rutin setidaknya seminggu sekali.

6. Jahe dan bit
Campurkan jus bit, jus jahe dan beberapa tetes jus limun. Aplikasikan pada kulit kepala dan diamkan 40 menit. Bilas dengan air biasa dan sampo lembut bebas sulfat. Lakukan dua kali seminggu untuk hasil terbaik.



Sumber Boldsky
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X