Kompas.com - 18/08/2018, 17:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Stres menandai seseorang bahwa dia hidup. Namun, stres berkepanjangan dan tak tertangani dengan baik justru bisa menimbulkan masalah.

Konselor sekaligus trainer Harmoni Ezra mengungkapkan, pada dasarnya ada dua cara menangani stres, secara emosional dan problem solver (memecahkan masalah).

Cara emosional lebih kepada pengalihan saat stres, seperti pergi ke mal, nonton film favorit, hingga mendengarkan musik ketika bekerja. Seseorang baru merasa lebih lega jika melakukan kegiatan tersebut.

Cara kedua, kata Harmoni, adalah memecahkan masalah, di mana seseorang yang dalam kondisi stres langsung 'menabrak' masalah tersebut untuk diselesaikan.

"Agar lebih baik, dua cara itu harus berjalan dan dilakukan bersama," ujar Harmoni di acara talskhow bertajuk #UbahStigma, di @america, Jakarta, Sabtu (18/8/2018).

Selain dua kelompok cara tersebut, terdapat beberapa cara sederhana lain untuk mengelola stres.

Baca juga: Kabar Gembira, Indonesia Menjadi Negara dengan Tingkat Stres Rendah

Harmoni menyarankan melakukan teknik pernapasan 4-2-6, tarik napas empat hitungan, tahan dua hitungan, kemudian lepaskan enam hitungan. Lakukan cara tersebut berkali-kali, terutama saat stres.

"Sebab saat stres, kita seringkali lupa bernapas, sehingga teknik pernapasan ini memaksa kita untuk bernapas," kata Harmoni.

"Saat bernapas, oksigen masuk ke otak dan cara itu bisa membuat lebih rileks dan rasional."

Jakoep Ezra, founder perusahaan konsultan dan training Power Character menambahkan, ada beberapa cara lain ketika stres mendera, seperti melakukan aktivitas fisik yang berfungsi untuk mengembangkan psikomotorik.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.