Kenapa Penting Menjaga Tekanan Darah Tetap Normal?

Kompas.com - 19/08/2018, 08:04 WIB
Ilustrasi mengukur tekanan darah Sasha_SuziIlustrasi mengukur tekanan darah
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kapan kamu terakhir kali mengecek tekanan darah? Apakah hasilnya normal? Pasalnya, banyak orang yang tak sadar mengalami tekanan darah tinggi.

Biasanya, kondisi ini terjadi akibat kebiasaan hidup yang buruk sehingga tekanan darah normal tidak terjaga. Tahukah kamu apa yang terjadi jika tekanan darah berubah tidak normal?

Saat ini, tekanan darah tinggi telah menjadi penyebab utama berbagai penyakit kronis, seperti jantung koroner, stroke, bahkan diabetes.

Dalam banyak kasus, tekanan darah tinggi tidak menimbulkan gejala tertentu, jadi banyak yang tak tahu kalau dirinya mengalami kondisi ini. Tentu jika dibiarkan akan meningkatkan peluang penyakit kronis.

Hipertensi terjadi ketika aliran darah tidak lancar akibat adanya penggumpalan plak atau ukuran pembuluh darah menyempit, sehingga membuat tekanan di dalamnya jadi meningkat.

Ketika aliran darah terus-terusan tidak normal, jantung tidak akan bekerja optimal untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Lama-kelamaan, jantung bisa mengalami kerusakan dan akhirnya mengalami penyakit jantung, bahkan gagal jantung.

Baca juga: Mengenali Problem Hipertensi, Gejala, dan Pemicunya

Selain itu, kondisi ini membuat berbagai organ di dalam tubuh berisiko tidak mendapatkan aliran darah yang cukup. Akhirnya, beberapa organ juga bisa rusak dan menimbulkan penyakit kronis.

Jaga tekanan darah normal, supaya terhindar dari penyakit

Seseorang dikatakan memiliki tekanan darah normal jika hasilnya menunjukkan angka kurang atau sama dengan 120/80 mmHg. Lebih dari itu, ia berisiko mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Memang, ketika lebih dari angka tersebut belum tentu kita mengalami hipertensi. Namun jika hasil tekanan darah telah menunjukkan lebih atau sama dengan 140/90 mmHg, kemungkinan besar mengalami hipertensi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X