Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/08/2018, 11:52 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber


KOMPAS.com - Rambut merupakan salah satu mahkota tubuh yang tidak boleh luput dari perawatan. Pasalnya, salah sedikit saja dalam merawat bisa membuatnya rusak. Dari sekian banyak masalah pada rambut, satu yang sering dikeluhkan adalah ujung rambut yang bercabang.

Jika kamu perhatikan lebih cermat, ujung rambut yang bercabang biasanya sangat kering, rapuh, hingga terlihat terurai atau terbelah menjadi dua bagian.

Mungkin tanpa disadari, ada banyak alasan di balik rusaknya ujung rambut. Entah itu karena perubahan cuaca, teknik perawatan rambut yang salah, atau penggunaan produk yang merusak rambut sehingga jadi kering.

Nah, untuk mengetahui apa sebetulnya penyebab rambut bercabang, coba ingat-ingat kembali pernahkah kamu melakukan setidaknya satu dari beberapa hal ini:

1. Terlalu sering pakai hair dryer atau catokan

Banyak wanita yang rela menghabiskan beberapa menit untuk mencatok, mem-blow, atau sekadar mengeringkan rambut dengan hair dryer setelah keramas.

Sayangnya, suhu panas dari beragam alat penata rambut tersebut bisa menghilangkan kandungan air alami dalam rambut. Semakin sering menggunakan alat-alat itu, maka nutrisi alami penyusun rambut pun akan hilang sedikit demi sedikit. Akhirnya, rambut jadi kering dan bercabang.

Kondisi ini bisa semakin memburuk bila kamu melakukan teknik yang salah ketika memakai alat penata rambut. Misalnya dengan menggunakannya berulang-ulang di tempat yang sama. Rambut memang akan terlihat lebih cantik, tapi lama-lama malah bisa merusak kesehatan rambut.

Baca juga: Berapa Jarak Terbaik antara Rambut dan Hair Dryer?

2. Selalu mengikat rambut di tempat yang sama

Mackenzie Day, seorang penata rambut sekaligus pemilik salon kecantikan The Artist Hause di Pennsylvania, Amerika Serikat (AS) menuturkan bahwa selalu mengikat rambut di tempat yang sama setiap hari ternyata bisa merusak rambut.

Bukan tanpa alasan, ini dipicu oleh tekanan kuat dari ikat rambut. Ibaratnya, rambut juga perlu ruang untuk bernapas, dan mengikatnya terlalu kencang bisa menyulitkan pergerakan bebas rambut. Ditambah lagi jika kebiasaan ini dilakukan saat rambut masih basah.

Lama-lama, rambut pun jadi semakin rusak dan bercabang.

Baca juga: Ini Rangkaian Risiko Terlalu Sering Mengikat Rambut

3. Berkali-kali mewarnai rambut

Seperti yang mungkin sudah kita tahu, penggunaan cat rambut yang banyak mengandung bahan kimia bisa merusak kealamian rambut dan menjadi penyebab rambut bercabang.

Hal ini akan semakin parah jika proses pewarnaan dilakukan berkali-kali, apalagi bila tidak disertai pemberian serum atau vitamin guna menjaga kesehatan rambut.

Baca juga: Ingin Mewarnai Rambut, Jangan Lupakan Tips Perawatan Ini

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com