Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mengonsumsi Daging untuk Menurunkan Risiko Kanker

Kompas.com - 21/08/2018, 19:38 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Daging merah mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk pola makan sehat. Namun, banyak penelitian yang menunjukkan bahwa asupan daging merah dapat meningkatkan risiko kanker dan penyakit kronis lainnya.

Para peneliti masih terus menyelidiki bagaimana daging merah dapat menyebabkan kanker. Salah satu penjelasan yang mungkin yaitu karena adanya senyawa yang disebut haem, yakni senyawa yang mengandung zat besi dan memberikan warna merah pada daging.

Senyawa ini telah terbukti dapat merusak lapisan dinding usus manusia.

Peneliti juga telah mengetahui bahwa ketika kita mengonsumsi daging merah, senyawa kimia yang disebut nitrosamin terbentuk, dimana senyawa tersebut dapat merusak DNA sel kita dan dapat menyebabkan kanker.

Meskipun ada banyak bukti tentang risiko kesehatan yang dapat ditimbulkan dari asupan daging merah, penting untuk diketahui bahwa daging merah juga mengandung nutrisi yang tinggi.

Baca juga: Berapa Banyak Kita Boleh Makan Daging Dalam Sehari?

Sebagai contoh, 100 gram daging sapi mengandung sekitar 25 persen vitamin B3 dan 32 persen zink dari jumlah total yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Daging merah juga tinggi akan zat besi, vitamin B6, selenium, serta vitamin dan mineral lainnya.

Namun, berdasarkan bukti sampai saat ini, pedoman kesehatan tetap merekomendasikan untuk membatasi asupan daging merah.

Institusi penelitian kanker Amerika, merekomendasikan konsumsi daging merah tidak lebih dari 1,8 kilogram setiap minggunya untuk mengurangi risiko kanker, sementara daging olahan harus dihindari sama sekali.

Menurut sebuah laporan tahun 2015 yang menghubungkan asupan daging merah dengan peningkatan risiko kanker juga merekomendasikan pembatasan daging merah.

Namun, laporan tersebut juga mencatat bahwa daging merah memiliki nilai gizi dan harus tetap dipertimbangkan untuk menyeimbangkan risiko dan manfaat dari konsumsi daging merah tersebut.

Baca juga: Potongan Daging Sapi Mana yang Paling Sehat dan Lemaknya Sedikit?

ilustrasi sateszefei ilustrasi sate
Tips mengurangi konsumsi daging merah

Makan dalam porsi kecil

Mengonsumsi dalam porsi yang lebih kecil berarti kita dapat mengonsumsi daging merah lebih sering dan tidak melewati batas rekomendasi dalam seminggu.

Masaklah daging merah dengan menambahkan kacang, buncis, jamur atau bahan lainnya. Hal ini juga dapat mengurangi jumlah kalori dalam makanan.

Tukar dengan yang lain

Halaman:
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com