Kompas.com - 23/08/2018, 07:21 WIB
Ilustrasi makan jacoblundIlustrasi makan
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kita mungkin sering mendapatkan saran pola makan dengan nutrisi lengkap. Misalnya, dengan menyertakan buah, sayuran, biji-bijian utuh, dan protein ke dalam porsi makan, serta membatasi asupan gula, garam dan lemak.

Untuk mendapatkan nutrisi selengkap-lengkapnya, beberapa orang kemudian makan berbagai makanan. Banyak yang menyebut, semakin banyak variasi makanan yang kita konsumsi, makin baik pula karena ada berbagai nutrisi di dalamnya.

Namun, sebuah studi terbaru yang ditinjau oleh Asosiasi Jantung Indonesia menemukan, mengkonsumsi makanan yang variatif setiap harinya bisa meningkatkan risiko obesitas.

Studi tersebut dipublikasikan pada jurnal Circulation.

Penulis utama studi, Marcia C. de Oliveira Otto, PhD menjelaskan, ketika kita mengkonsumsi makanan yang beragam, kita cenderung mengasup makanan sehat dan tidak sehat dengan porsi yang lebih besar.

"Ketika dikombinasikan, pola makan tersebut bisa meningkatkan konsumsi makan dan obesitas," kata Otto.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Obsesi Makanan Sehat Bisa Datangkan Bencana

Para peneliti mempelajari studi-studi pola makan yang dipublikasikan antara tahun 2000 dan 2017. Kemudian mereka menyimpulkan bahwa tidak ada bukti pola makan yang variatif akan mendukung berat badan yang sehat serta manfaat makan yang lebih optimal.

Faktanya, memenuhi piring dengan makanan yang bervariasi justru bisa merugikan bila kita tidak mengatur jenis makanannya.

"Jumlah makanan tidak sehat yang banyak bisa menggantikan peran makanan sehat pada piring," ujarnya.

Beberapa studi bahkan menyebutkan, variasi pola makan erat kaitannya dengan mengkonsumsi lebih banyak kalori, pola makan yang buruk dan penambahan berat badan pada orang dewasa.

Halaman:


Sumber Healthline
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.