Cerita Chief Barbershop Gondol Sertifikasi Profesi Pangkas Rambut

Kompas.com - 23/08/2018, 10:00 WIB
Chief Barbershop Chief BarbershopChief Barbershop

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Seiring dengan tren rambut, keberadaan barbershop kian menjamur.

Barbershop yang memang identik dengan pria, menjadi pilihan bagi kaum adam -ketimbang salon, untuk membuat tampilan mereka lebih menarik.

Nah, dari ribuan pangkas rambut di Indonesia, Chief Barbershop memegang lisensi menjadi satu-satunya tempat pangkas rambut, yang dipercaya sebagai tempat uji kompetensi.

Sertifikat tersebut dikeluarkan resmi oleh Pemerintah Republik Indonesia lewat Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Co-founder Chief Barbershop Fatsi Anzani mengungkapkan keinginan mendapatkan sertifikasi itu tak lepas dari pengalaman Barber Voyage 2017 ke Eropa.

Dari trip tersebut, mereka melihat bagaimana industri pangkas rambut berkembang dan memiliki standar ketat, seperti kebersihan, teknik, hingga tempat itu sendiri.

Baca juga: Mencari Akar Seni Pangkas Rambut Indonesia...

“Kami lantas berpikir di Indonesia juga ada atau tidak,” kata Fatsi kepada Kompas.com, di Yogyakarta, Kamis (22/8/2018).

Setelah mencari dan memastikan, Fatsi menemukan Indonesia sudah memiliki aturan serta standar khusus perihal industri pangkas rambut.

Ada pun aturan tersebut merupakan bagian dari Sektor Kecantikan Sub Sektor Tata Rias Rambut.

Aturan itu sudah dikeluarkan oleh Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada tahun 2005.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X