Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penggila Makeup Bisa Gunakan Hingga 16 Produk Makeup dalam Sehari

Kompas.com - 24/08/2018, 09:40 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Istilah "makeup junkie" atau penggila makeup kerap disematkan pada mereka yang amat menggemari makeup. Tak hanya suka menggunakan makeup, para makeup junkie ternyata punya karakteristik uniknya sendiri.

Misalnya, dari jumlah produk kosmetik yang digunakan. Jika wanita biasa hanya menggunakan sekitar 2-3 produk, mereka bisa menggunakan lebih dari 10 produk makeup dalam sehari.

Adapun produk makeup yang biasa digunakan wanita lainnya berkisar pada lipstik, produk alis dan foundation.

"Makeup junkie kalau di riset kami, pakai sampai 16 produk per hari. Mereka pakai segitu banyak di muka. Ini bicara kosmetik. Skin care beda lagi," ujar Head of E-Commerce L'Oreal Indonesia, Rizkie Maulana Putra ketika ditemui di Ayana Midplaza, Jakarta, Kamis (23/8/2018).

Terdapat tiga label makeup yang tergabung dalam grup L'Oreal, yakni Maybelline, L'Oreal Paris dan NYX. Menurutnya, masing-masing label mewakili pasarnya sendiri.

NYX dianggap mewakili para makeup junkie. Menurutnya, mereka yang masuk kelompok makeup junkie cenderung ingin up to date dan memiliki barang yang trendi.

Baca juga: 6 Tanda Makeup Kita Harus Segera Diganti

Berbeda dengan wanita lainnya yang gemar melihat harga diskon, mereka justru enggan membelinya. Sebab, produk yang didiskon dianggap produk masal dan dimiliki banyak orang.

"Beauty junkie ini kalau kami kasih diskon malah enggak mau beli. Nanti sama kayak orang lain," papar Rizkie.

"Jadi harus dikasih sesuatu yang baru, trendi, kami visualisasikan sebagaimana mungkin kalau ini barang lagi ngetren, mereka akan beli."

Makeup junkie menurutnya adalah kelompok konsumen yang unik dan ukurannya kecil. Meski populasi kecil, namun memiliki kemampuan membeli yang besar.

Dari 80 persen pasar konsumen kosmetik grup L'Oreal yang tersebar dari berbagai kategori, kelompok makeup junkie diperkirakan mencapai 20-25 persen.

"Makeup junkie punya porsi sekitar itu tapi buying powernya lebih tinggi di antara yang lain," kata Rizkie.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com