Kompas.com - 24/08/2018, 09:40 WIB
Ilustrasi berdandan. ShutterstockIlustrasi berdandan.
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Istilah "makeup junkie" atau penggila makeup kerap disematkan pada mereka yang amat menggemari makeup. Tak hanya suka menggunakan makeup, para makeup junkie ternyata punya karakteristik uniknya sendiri.

Misalnya, dari jumlah produk kosmetik yang digunakan. Jika wanita biasa hanya menggunakan sekitar 2-3 produk, mereka bisa menggunakan lebih dari 10 produk makeup dalam sehari.

Adapun produk makeup yang biasa digunakan wanita lainnya berkisar pada lipstik, produk alis dan foundation.

"Makeup junkie kalau di riset kami, pakai sampai 16 produk per hari. Mereka pakai segitu banyak di muka. Ini bicara kosmetik. Skin care beda lagi," ujar Head of E-Commerce L'Oreal Indonesia, Rizkie Maulana Putra ketika ditemui di Ayana Midplaza, Jakarta, Kamis (23/8/2018).

Terdapat tiga label makeup yang tergabung dalam grup L'Oreal, yakni Maybelline, L'Oreal Paris dan NYX. Menurutnya, masing-masing label mewakili pasarnya sendiri.

NYX dianggap mewakili para makeup junkie. Menurutnya, mereka yang masuk kelompok makeup junkie cenderung ingin up to date dan memiliki barang yang trendi.

Baca juga: 6 Tanda Makeup Kita Harus Segera Diganti

Berbeda dengan wanita lainnya yang gemar melihat harga diskon, mereka justru enggan membelinya. Sebab, produk yang didiskon dianggap produk masal dan dimiliki banyak orang.

"Beauty junkie ini kalau kami kasih diskon malah enggak mau beli. Nanti sama kayak orang lain," papar Rizkie.

"Jadi harus dikasih sesuatu yang baru, trendi, kami visualisasikan sebagaimana mungkin kalau ini barang lagi ngetren, mereka akan beli."

Makeup junkie menurutnya adalah kelompok konsumen yang unik dan ukurannya kecil. Meski populasi kecil, namun memiliki kemampuan membeli yang besar.

Dari 80 persen pasar konsumen kosmetik grup L'Oreal yang tersebar dari berbagai kategori, kelompok makeup junkie diperkirakan mencapai 20-25 persen.

"Makeup junkie punya porsi sekitar itu tapi buying powernya lebih tinggi di antara yang lain," kata Rizkie.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.