Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Makan Sebelum Olahraga Bisa Percepat Pembakaran Karbohidrat

Kompas.com - 27/08/2018, 18:42 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber standard

KOMPAS.com - Banyak personal trainer dan fitness influencer memberlakukan fasted training alias tidak mengkonsumsi apapun sebelum berolahraga.

Namun, salah satu studi terbaru justru menganjurkan kita untuk makan terlebih dahulu sebelum berolahraga. Hal itu dinilai membuat tubuh lebih prima dalam membakar lebih banyak kalori serta melancarkan pencernaan dan metabolisme tubuh setelah berolahraga.

Sebuah studi kecil dari University of Bath yang dipublikasikan di American Journal of Physiology: Endocrinology and Metabolism, melakukan perbandingan secara spesifik.

Para peneliti studi membandingkan efek-efek dari sarapan sebelum olahraga dan berolahraga tanpa sarapan alias puasa sepanjang malam.

Menu sarapan sederhana seperti semangkuk bubur yang dibuat dari susu dijadikan bahan penelitian dan dikonsumsi dua jam sebelum olahraga.

Para peneliti juga melakukan tes kontrol dimana sebagian orang diminta sarapan lalu dilanjutkan dengan istirahat tiga jam.

Kemudian, peneliti melakukan tes level glukosa darah dan level glikogen otot dari 12 partisipan pria bugar.

Mereka menemukan bahwa sarapan meningkatkan kecepatan pembakaran karbohidrat selama olahraga, hingga sepanjang hari itu.

"Kami menemukan, dibandingkan dengan melewatkannya, sarapan sebelum olahraga dapat meningkatkan kecepatan mencerna, menyerap dan memetabolisme karbohidrat yang dimakan setelah olahraga," kata salah satu penulis studi, Dr. Javier Gonzalez.

Rob Edinburgh, salah satu penulis dan mahasiswa PhD di universitas tersebut menambahkan, pihaknya juga menemukan bahwa sarapan sebelum berolahraga bisa meningkatkan pembakaran karbohidrat.

Karbohidrat yang dibakar juga tidak hanya yang dimakan ketika sarapan tapi juga dari karbohidrat yang disimpan dalam otot sebagai glikogen.

Hal ini menjelaskan, mengapa ada pembersihan gula darah yang lebih cepat pada waktu makan siang jika seseorang mengkonsumsi sarapan sebelum berolahraga paginya.

"Sarapan sebelum berolahraga akan membuat tubuh kita prima dan siap untuk penyimpanan nutrisi yang cepat ketika kita makan setelah berolahraga," ujarnya.

Namun para penulis menyadari bahwa studi tersebut masih terbatas karena hanya mempelajari respons tubuh pada periode singkat terhadap sarapan dan olahraga. Riset lebih jauh diperlukan untuk mendalami efek jangka panjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber standard
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com