Kompas.com - 27/08/2018, 18:42 WIB
Ilustrasi makan buah michaeljungIlustrasi makan buah
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Banyak personal trainer dan fitness influencer memberlakukan fasted training alias tidak mengkonsumsi apapun sebelum berolahraga.

Namun, salah satu studi terbaru justru menganjurkan kita untuk makan terlebih dahulu sebelum berolahraga. Hal itu dinilai membuat tubuh lebih prima dalam membakar lebih banyak kalori serta melancarkan pencernaan dan metabolisme tubuh setelah berolahraga.

Sebuah studi kecil dari University of Bath yang dipublikasikan di American Journal of Physiology: Endocrinology and Metabolism, melakukan perbandingan secara spesifik.

Para peneliti studi membandingkan efek-efek dari sarapan sebelum olahraga dan berolahraga tanpa sarapan alias puasa sepanjang malam.

Menu sarapan sederhana seperti semangkuk bubur yang dibuat dari susu dijadikan bahan penelitian dan dikonsumsi dua jam sebelum olahraga.

Para peneliti juga melakukan tes kontrol dimana sebagian orang diminta sarapan lalu dilanjutkan dengan istirahat tiga jam.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kemudian, peneliti melakukan tes level glukosa darah dan level glikogen otot dari 12 partisipan pria bugar.

Mereka menemukan bahwa sarapan meningkatkan kecepatan pembakaran karbohidrat selama olahraga, hingga sepanjang hari itu.

"Kami menemukan, dibandingkan dengan melewatkannya, sarapan sebelum olahraga dapat meningkatkan kecepatan mencerna, menyerap dan memetabolisme karbohidrat yang dimakan setelah olahraga," kata salah satu penulis studi, Dr. Javier Gonzalez.

Rob Edinburgh, salah satu penulis dan mahasiswa PhD di universitas tersebut menambahkan, pihaknya juga menemukan bahwa sarapan sebelum berolahraga bisa meningkatkan pembakaran karbohidrat.

Halaman:


Sumber standard
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.