Kompas.com - 28/08/2018, 05:05 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Apakah kamu sering bertengkar dengan pasangan akibat masalah yang itu-itu saja?

Faktanya, hampir sebagian besar pasangan meributkan hal yang sama dalam pertengkarannya. Tentang uang, pekerjaan rumah tangga, keintiman, dan hal-hal lainnya yang menjadi sumber masalah.

Menurut pakar hubungan Sheryl Paul, MD dikutip dari Huffington Post, banyak pasangan mendebatkan hal yang sama setiap hari karena mereka tidak tahu bagaimana komunikasi harusnya dibangun. Lantas, bagaimana cara menyelesaikannya?

1. Turunkan ego

Saat bertengkar dengan pasangan, kamu mungkin kesulitan untuk mengendalikan emosi, jadi nada bicara saat itu juga cenderung tinggi karena mengikuti ego.

Jika ingin permasalahan segera selesai, usahakan untuk berbicara dari hati ke hati. Cobalah ajak pasangan untuk berbicara dengan nada lembut tanpa dibumbui kata-kata kasar.

Ingat, yang terpenting adalah masalah terselesaikan, bukan mementingkan ego. Belajar untuk berempati dengan pasangan dan jangan melulu melihat permasalahan dari sudut pandangmu, tetapi juga dari sudut pandang pasangan.

Baca juga: Sumber Pertengkaran Utama Bagi Pasutri

2. Pahami tak semua masalah langsung ada solusinya

Siapa yang tak mau masalah selesai dengan cepat dan sampai tuntas, tentu kamu dan pasangan pun begitu. Namun kadang ada beberapa masalah yang memang tidak bisa diselesaikan dalam waktu singkat, bahkan perlu beberapa tahap penyelesaian sampai akhirnya selesai.

The Gottman Institute, lembaga penelitian tentang hubungan di Amerika menemukan bukti sekitar 69 persen masalah dalam hubungan memang tidak bisa dipecahkan dengan cepat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.