Resep dan Tips Sukses Bikin Bakso Daging Sapi

Kompas.com - 28/08/2018, 06:30 WIB
Bakso yang dibuat oleh seorang food blogger, Ricke Indriani.Dok. Ricke Indriani Bakso yang dibuat oleh seorang food blogger, Ricke Indriani.

KOMPAS.com - Masih menyimpan daging kurban? Jika kamu masih mencari ide untuk mengolahnya, bakso mungkin bisa jadi pilihan. Bikin bakso sendiri? Kenapa tidak?

Kunci sukses membuat bakso adalah teksturnya. Lembut dan kenyal, itulah tekstur ideal dari bakso.

Ricke Indriani, seorang food bloger membagikan resep dan tips pembuatan bakso melalui akun instagram pribadinya, @rickeindriani_ordinarykitchen.

Saat dihubungi Kompas.com, Ricke mengatakan, alat yang digunakan untuk menggiling daging dalam pembuatan bakso juga penting untuk menentukan tekstur bakso.

Ia menyarankan, dalam penggilingan daging menggunakan food processor.

"Saya pribadi tidak recommend menggiling adonan bakso dengan blender. Karena blender model pisaunya bukan diperuntukkan untuk menggiling bahan berat seperti daging," kata Ricke, kepada Kompas.com, Senin (27/8/2018).

"Kalau pakai blender harus ada penambahan air yang cukup banyak agar blender bisa jalan. Beda dengan food processor yang blade-nya berbentuk 'S' memang bisa untuk menggiling adonan berat," lanjut Ricke, yang saat ini berdomisili di Inggris.

Ricke menambahkan, jika tidak mempunyai food processor, dalam proses penggilingan bisa dilakukan ke tukang selep daging di pasar.

Bakso olahan Ricke tidak menggunakan pengenyal. Ia mengatakan, upayakan menggunakan daging dengan kualitas bagus dan segar dalam membuat bakso.

Jika daging ingin dibekukan, pastikan kondisinya tetap segar. Simpan daging dalam kondisi terbungkus rapat agar tidak kering.

Tips lainnya, saat akan digiling, daging dari freezer jangan didiamkan di suhu ruang hingga tidak membeku. Akan tetapi, diamkan daging hingga setengah beku agar cairan dalam daging tidak banyak keluar.

Daging kurang bersih

Lalu, bagaimana jika daging kondisi daging kurang bersih?

Ia menyarankan, agar tidak mencuci daging di air yang mengalir deras atau direndam.

"Daging cukup dibersihkan dengan diusap-usap pakai tangan dengan air bersih," ujar Ricke.

Berikutnya
Page:



Close Ads X