Kompas.com - 28/08/2018, 07:00 WIB

KOMPAS.com - Konsumsi alkohol dalam jumlah terbatas bisa menyehatkan ternyata cuma mitos. Bahkan, tingkat minum alkohol yang paling aman tidak ada.

Demikian kesimpulan penelitian berskala besar yang dilakukan tim dari Universitas Washington, Amerika Serikat.

Studi bertajuk Global Burden of Disease Study ini menggunakan data penyebab kematian dan penyakit di 195 negara antara tahun 1990 dan 2016.

Menurut laporan tersebut, alkohol menyebabkan 2,8 juta kematian di tahun 2016. Minuman ini merupakan faktor kematian dini utama pada orang berusia 15-49 tahun, dengan menyumbang 20 persen kematian.

Kebanyakan negara Barat menyebutkan manfaat kesehatan dari minum wine atau bir maksimal 2 gelas perhari.

"Penemuan kami menunjukkan batas aman konsumsi alkohol tidak ada," tulis peneliti dalam laporan yang dimuat dalam jurnal The Lancet.

Baca juga: Minum Wine Bantu Perlancar Bahasa Asing?

Konsumsi alkohol dalam jumlah sedikit sampai sedang selama ini memang dipercaya punya manfaat kesehatan. Misalnya wine yang dipercaya dapat menyehatkan jantung.

Meski beberapa penelitian memang menemukan minum alkohol dalam jumlah sedikit dapat melindungi jantung, bahkan diabetes dan stroke, tapi manfaatnya lebih kecil dibanding efek buruknya.

Studi ini tidak membedakan antara bir, anggur, dan minuman keras karena kurangnya bukti ketika memperkirakan beban penyakit.

Namun, peneliti menggunakan data pada semua kematian terkait alkohol pada umumnya di dunia dan hasil kesehatan terkait untuk menentukan kesimpulan mereka.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.