Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/08/2018, 07:07 WIB
Wisnubrata

Editor

Sumber

KOMPAS.com - Kopi memang jadi senjata ampuh bagi beberapa orang untuk mengusir kantuk dan membangkitkan energi. Minuman ini mengandung kafein yang bisa membuat kita jadi lebih waspada sehingga tetap bisa beraktivitas dengan baik.

Namun, terlalu banyak minum kopi juga tidak baik untuk kesehatan. Untuk meningkatkan energi kembali, terutama di siang hari, ikuti tipsnya berikut ini.

1. Makan permen karet

Ilustrasi permen karetLjupco Ilustrasi permen karet
Permen karet bukan hanya menyegarkan napas, tapi juga bisa membangun kembali energi yang hilang. Kenapa? Mengunyah permen karet dapat meningkatkan detak jantung. Artinya, semakin banyak darah kaya oksigen yang mengalir ke otak.

Selain itu, rasa dari permen karet terutama rasa mint memberikan rasa dingin pada mulut sehingga merangsang sistem saraf jadi lebih waspada.

Baca juga: Ingin Langsing? Cobalah Kunyah Permen Karet Sambil Jalan Kaki

2. Tidur siang sebentar

Ilustrasi tidur di kantorCreatas Ilustrasi tidur di kantor
Kurangnya energi bisa membuat kita jadi mengantuk. Memilih tidur siang bisa jadi pilihan yang tepat. Tidur siang dapat meningkatkan suasana hati, kewaspadaan dan kinerja.

Akan tetapi ingat, tidur siang yang paling efektif adalah 20 sampai 40 menit saja, jangan lebih dari itu. Tidur terlalu lama justru membuat kita jadi lebih mengantuk dan kadang membuat kepala pusing.

Baca juga: Mengapa Tidur Siang Baik untuk Anda?

3. Pijat telinga

Ilustrasi pijat telingaAH86 Ilustrasi pijat telinga
Saat tubuh tidak bersemangat, tidak ada salahnya mencoba untuk memijat tubuh, terutama bagian telinga. Dalam teknik refleksiologi, memijat telinga dapat dapat mengalirkan energi dan meningkatkan kewaspadaan.

Caranya mudah, tekan bagian tepi luar telinga dengan ibu jari dan telunjuk. Lakukan pijatan ini selama 10 sampai 30 detik, setiap kali tubuh terasa lemas.

Baca juga: Bagaimana Cara Terbaik Membersihkan Telinga?

4. Cuci muka dengan air dingin

Ilustrasi pria mencuci mukaGeorgeRudy Ilustrasi pria mencuci muka
Sama seperti sensasi mint dari permen karet, cuci muka dapat menyegarkan dan meningkatkan kewaspadaan. Air dingin yang mengenai wajah bisa merangsang pernapasan dalam sehingga tingkat oksigen di dalam tubuh jadi meningkat.

Cuci muka juga memungkin kita untuk berjalan ke kamar mandi. Walaupun terlihat sepele, berjalan juga bisa jadi cara untuk meningkatkan suasa hati dan energi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com