Konsumsi Cokelat 3 Batang Setiap Bulan Tingkatkan Kesehatan Jantung

Kompas.com - 29/08/2018, 07:09 WIB
Ilustrasi cokelat PicLeidenschaftIlustrasi cokelat

KOMPAS.com - Cokelat memang enak dan kita semua menyukainya. Kabar baiknya, periset menemukan bahwa konsumsi coklat ternyata baik bagi tubuh kita.

Menurut penelitian, konsumsi cokelat sebanyak tiga batang setiap bulan dapat mengurangi risiko gagal jantung secara drastis.

Selama ini, cokelat sering diasosiasikan dengen penyebab datangnya berbagai penyakit. Namun, riset ini berhasil mematahkan pendapat tersebut, dengan catatan yang dimakan adalah dark chocolate, bukan yang terlalu manis karena kebanyakan gula.

Riset yang dipresentasikan pada konferensi European Society of Cardiology, Jerman, mengatakan konsumsi cokelat dalam jumlah cukup adalah kunci untuk mencegah masalah jantung di kemudian hari.

Baca juga: Perhatikan, Manfaat Tak Terduga dari Cokelat Hitam

Riset dilakukan dengan meneliti lebih dari satu juta orang dewasa untuk menentukan efek konsumsi cokelat pada jantung.

Dari hasil riset, peneliti menyimpulkan konsumsi cokelat hingga tiga batang per bulan dapat mengurangi risiko gagal jantung hingga 23 persen dibandingkan dengan mereka yang sama sekali tak mengonsumsi coklat.

Namun, terlalu banyak mengonsumsi cokelat dapat menyebabkan peningkatan risiko gagal jantung hingga 17 persen. Karenanya jumlah yang baik hanya tiga batang per bulan.

Dr Chayakrit Krittanawong, selaku pemimpin riset, mengatakan flavonoid yang ada pada cokelat sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

"Saya percaya coklat adalah sumber flavonoid penting yang dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan kolesterol baik," katanya.

Menurutnya, mengkonsumsi flavonoid dapat meningkatkan kadar nitrit oksida yang ditemukan di dalam tubuh, yang pada gilirannya meningkatkan aliran darah dan meningkatkan sirkulasi.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X