BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan OPPO

Terungkap, Ini Jurus Jitu Buat Anda Lebih Produktif...

Kompas.com - 29/08/2018, 15:08 WIB
Auzi Amazia Domasti,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pernahkah Anda melihat teman atau rekan kerja yang tak bisa diam, selalu sibuk dengan berbagai kegiatan dan urusan? Rasanya, dari waktu 24 jam dalam sehari mereka melakukan lebih banyak aktivitas dari Anda.

Sebut saja, orang seperti itu adalah orang produktif. Umumnya mereka melakukan itu karena ingin menghasilkan lebih banyak hal positif.

Sebuah riset yang dilansir hbr.org,  Jumat (20/4/18) pun memberikan contoh orang produktif dari beberapa profesi.

Misalnya, seorang tukang ikan di restoran Le Bernardin di New York bisa mempersiapkan ikan tiga kali lebih banyak dibandingkan rekan seprofesinya.

Kemudian, ada pula staf sales terbaik di Nordstorm departement store yang mampu menjual pakaian delapan kali lebih banyak dari yang lain.

Teman maupun kolega para orang produktif ini pun jadi bertanya-tanya. Bagaimana caranya mereka bisa seproduktif itu?

Nah, ada upaya yang bisa Anda lakukan supaya menjadi produktif, seperti sales dan tukang ikan di atas. Berikut beberapa di antaranya.

Menetapkan tujuan dan bersikap konsisten

Biasanya, orang produktif memiliki rencana dan tujuan yang jelas dalam menjalani hidupnya dari waktu ke waktu.

Setelah menentukannya, mereka mulai melakukan satu per satu dan tanpa terasa banyak hal yang sudah di selesaikan.

Selain itu, supaya produktif, mereka melatih kemampuan dalam bekerja atau belajar secara konsisten. Alhasil, dari hari waktu ke waktu, skill yang ditempa pun semakin terasah.

Berorientasi pada hasil

Proses untuk mencapai kesuksesan memang penting, tetapi itu semua tak lepas dari target hasil yang ingin dicapai.

Misalnya, orang-orang produktif menetapkan target hasil yang lebih baik dibandingkan capaian sebelumnya.

Ilustrasi orang produktif bekerja dengan menetapkan targetSHUTTER STOCK Ilustrasi orang produktif bekerja dengan menetapkan target
Ini terjadi, karena mereka memiliki jiwa kompetitif, tidak hanya kepada orang lain, melainkan juga ke diri sendiri.

Pemberi solusi dan inisiatif

Bila ada masalah yang menghambat tujuan, orang produktif umumnya sangat ingin masalah tersebut segera selesai. Untuk itulah mereka biasanya sering jadi pemberi solusi, melihat cara apa yang cocok agar permasalahan usai.

Lebih dari itu, sikap inisiatif tinggi pun turut dibawa. Jadi, mereka melakukan pekerjaan tertentu berlandaskan kemauan sendiri tanpa diminta pihak lain seperti atasan.

Kolaborasi

Siapa bilang orang produktif selalu bekerja sendiri? Orang yang paling produktif justru mampu bekerja sama secara baik dengan orang lain.

Orang produktif paham kalau berada di organisasi atau menyelesaikan pekerjaan yang kompleks tak bisa ditangan sendirian. Butuh kerjasama dengan orang lain agar bisa merampungkan tugasnya dengan baik.

Ilustrasi orang produktif senang bekerja dengan timSHUTTER STOCK Ilustrasi orang produktif senang bekerja dengan tim
Maka dari itu, penting untuk bersikap kolaboratif dengan berbagai pihak.

Melalui sikap-sikap tersebut, maka tak heran bila orang produktif aktif di berbagai kegiatan dan jadwalnya pun menumpuk.

Karena itu, biasanya keberadaan smartphone menjadi andalan sehari-hari. Lewat alat ini, mereka bisa membuat daftar catatan atau pengingat agar beragam aktivitas, tujuan, dan janji temu dengan orang lain.

Makanya, ketika daya baterai smartphone sudah mau habis, tentu berbagai urusan dapat terhambat. Mau tak mau mereka harus mengisi atau charge baterai ponsel yang biasanya memakan waktu lama.

Oleh sebab itu, ada bagusnya jika memiliki smartphone dengan fitur VOOC flash charge. Melalui fitur ini, pengisian daya selama 5 menit sudah membuat ponsel dapat digunakan telepon selama dua jam.

Pre order OPPO F9 dari 24-30 Agustus 2018DOK OPPO Indonesia Pre order OPPO F9 dari 24-30 Agustus 2018
Salah satu ponsel yang sudah menyematkan VOOC Flash Charge adalah Oppo F9. Smartphone dengan desain dan efek warna gradasi pada bodinya ini juga memiliki 3 varian warna, yaitu Sunrise Red, Twilight Blue dan Starry Purple.

Ponsel ini juga memiliki layar dengan rasio 19,5:8. Sudah begitu, notch alias poni yang disematkan pada bagian atas layar juga kecil sehingga tak mengganggu tampilan layar meskipun tetap terkesan estetis.

Pada dasarnya Anda atau siapapun bisa jadi orang produktif. Modalnya juga bisa jadi sudah ada yakni smartphone dan coba melakukan kebiasaan-kebiasaan yang telah disebutkan tadi.

Tertarik dengan spesifikasi ponsel yang bisa membuat penggunanya jadi lebih produktif seperti di atas?.

Setelah resmi meluncur beberapa waktu lalu, Oppo F9 bisa dipesan lebih awal. Infonya bisa didapatkan di sini.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com