10 Strategi Jitu untuk Turunkan Berat Badan

Kompas.com - 29/08/2018, 15:14 WIB
Ilustrasi mengukur berat badan dan lingkar pinggangktsimage Ilustrasi mengukur berat badan dan lingkar pinggang

KOMPAS.com - Semua orang tahu bahwa untuk menurunkan berat badan kita harus makan lebih sedikit dan bergerak lebih banyak.

Namun, menurunkan berat badan ternyata tak semudah itu. Kombinasi lingkungan hari ini dan kondisi biologis tubuh seseorang membuat target penurunan berat badan menjadi sulit.

Untuk mencapai hasil yang diinginkan, penurunan berat badan membutuhkan strategi efektif.

Peneliti senior sekaligus ahli di bidang Perilaku Kesehatan dari University of Oxford, Jamie Hartmann-Boyce melakukan studi terkait penurunan berat badan.

Studi yang dilakukan olehnya melibatkan ratusan orang dewasa di Inggris yang mencoba menurunkan berat badan. 

Dari riset tersebut dan riset lainnya, ia mengidentifikasi 10 strategi yang disarankan secara ilmiah untuk membantu kita menurunkan berat badan.

1. Cari informasi

Carilah informasi tentang bagaimana menurunkan berat badan dari sumber-sumber yang kamu percaya. Misalnya, badan resmi atau situs-situs yang direkomendasikan oleh dokter atau tenaga kesehatan.

2. Atur target makanan

Aturlah target berapa banyak kamu akan makan setiap harinya atau setiap minggunya. Pola teratur ini bisa berupa pengaturan kalori, ukuran porsi, hingga konten nutrisi.

3. Target berat badan

Aturlah pula target penurunan berat badan. Memiliki target penurunan berat badan akan membuat kita bekerja keras mencapai target tersebut atau mengurangi jumlah berat badan tertentu setiap minggunya.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Sumber
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X