Kompas.com - 29/08/2018, 17:16 WIB

KOMPAS.com - Mendengarkan musik saat berolahraga menjadi cara ampuh untuk memompa semangat sekaligus mengurangi kelelahan.

Menurut penelitian, mendengarkan musik ketika sedang aktif bergerak menghasilkan stimulasi di otak yang dapat mengurangi lelah.

Uji coba dilakukan pada para peserta yang diminta mendengar lagu berjudul 'I Heard It Through The Grapevine' dari Marvin Gaye.

Hasilnya, para peserta mengaku olahraga yang mereka lakukan terasa lebih cepat dan lebih menarik saat mendengar satu-satunya lagu yang dipakai dalam penelitian selama 11 menit.

Musik adalah stimulus pendengaran yang sangat kuat dan dapat digunakan untuk meredakan sensasi negatif dari tubuh yang biasanya timbul dalam kondisi yang berhubungan dengan olahraga.

Ketua peneliti Dr Marcelo Bigliassi, mengatakan cara mudah dan sederhana ini bisa kita lakukan saat rasa malas menyerang. Apalagi jika kita perlu rutin melakukan latihan dengan durasi tertentu karena punya masalah obesitas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.