Kompas.com - 29/08/2018, 19:19 WIB
Ilustrasi seorang wnaita mendengarkan musik sembari tidur demaerreIlustrasi seorang wnaita mendengarkan musik sembari tidur

KOMPAS.com - Beberapa orang menyukai iringan musik untuk pengantar tidur. Pilihan jenis musiknya beragam, ada yang suka musik lirih, lembut, hingga cadas.

Namun menurut penelitian, musik sebelum tidur yang bermanfaat bagi kesehatan jantung adalah yang bersifat meditatif seperti musik yoga.

Riset dilakukan oleh peneliti dari India untuk mengetahui efek mendengarkan berbagai jenis musik terhadap kecemasan serta kesehatan menyeluruh seseorang.

Dilansir dari Independent, riset ini telah dipresentasikan di Kongres European Society of Cardiology, Jerman.

Peneliti menyimpulkan, mendengarkan musik yang lembut dan menenangkan sebelum tidur dapat menurunkan tingkat kecemasan seseorang.

Baca juga: Efek Berbagai Genre Musik Terhadap Mood Kita

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Riset dilakukan dengen meneliti 149 peserta yang berada dalam kondisi kesehatan baik dengan rata-rata usia 26 tahun.

Peserta diminta untuk mengambil bagian dalam tiga sesi tidur pada tiga malam yang berbeda.

Pada sesi pertama, peserta diminta untuk mendengarkan musik tenang atau musik yang digunakan di kelas-kelas yoga sebelum mereka tidur.

Pada sesi kedua, peserta mendengarkan musik pop dengan irama teratur sebelum tidur. Sementara itu, pada hari ketiga mereka diminta tidur tanpa mendengarkan musik apapun.

Periset juga mengukur denyut jantung peserta selama lima menit sebelum musik atau periode diam di mulai, selama 10 menit musik dimainkan atau selama periode hening dan selama lima menit sesudahnya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.