Pemilik Otot Kuat Mempunyai Harapan Hidup Lebih lama?

Kompas.com - 30/08/2018, 06:06 WIB
Ilustrasi seorang pria berolahraga untuk melatih kekuatan tangan DziggyfotoIlustrasi seorang pria berolahraga untuk melatih kekuatan tangan

KOMPAS.com - Selama ini, banyak orang memperdebatkan manfaat antara olahraga kekuatan dan kardio.

Namun, riset terbaru menemukan olahraga kekuatan ternyata bermanfaat untuk meningkatkan harapan hidup. Riset dilakukan oleh peneliti dari University of Michigan.

Hasil riset menunjukan pemilik otot yang kuat memiliki harapan hidup lebih lama.

Dilansir dari Independent, riset ini telah dipublikasikan dalam Journal of Gerontology: Medical Sciences.

Periset berhasil membuktikan orang dengan kekuatan otot rendah, 50 persen lebih mungkin mengalami kematian dini daripada mereka dengan otot yang lebih kuat.

Untuk hasil yang optimal, peneliti menganalisis data dari 8.326 pria dan wanita AS yang berusia di atas 65 tahun, sebagai perwakilan dari populasi nasional.

Periset menemukan kekuatan otot, khususnya genggaman tangan, adalah hal penting karena menjadi penunjang dalam mobilitas seseorang. 

Kekuatan genggaman dianggap sebagi refleksi dari kekuatan keseluruhan tubuh dan mudah diukur menggunakan dinamometer atau alat pengukut kekuatan, yang bekerja hanya dengan meremas alat tersebut untuk mengukur kekuatan dalam satuan kilogram.

"Menjaga kekuatan otot sangat penting untuk peningkatan harapan hidup dan melindungi diri dari penuaan,” kata Kate Duchowny, selaku pemimpin riset.

Riet menemukan sebesar 46 persen peserta dianggap memiliki kekuatan otot lemah berdasarkan ambang batas yang ditetapkan peneliti.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X