Olahraga Kardio Ternyata Juga Bermanfaat bagi Otak

Kompas.com - 30/08/2018, 14:04 WIB
Ilustrasi olahraga jacoblundIlustrasi olahraga

KOMPAS.com - Olahraga kardio ternyata tak hanya bermanfaat untuk tubuh tapi juga fungsi otak manusia. Hal ini dibuktikan lewat dua riset yang berbeda.

Riset pertama diterbitkan dalam The Journal of Physiology yang meneliti efek olahraga lari maupun latihan interval intensitas tinggi dan latihan resistensi pada otak tikus jantan dewasa.

Hasil menunjukan, mereka yang melakukan aerobik secara teratur dengan berlari di atas roda menunjukan pertumbuhan sel otak yang paling signifikan.

Sementara itu, pertumbuhan tertinggi kedua dialami oleh tikus yang melakukan lari cepat sebagai simulasi dari latihan interval intensitas tinggi.

Baca juga: Melatih Otot Kaki Tingkatkan Kemampuan Otak

Namun, hasil yang berbeda ditemukan pada tikus yang diatur untuk memanjat dengan ekor yang diberi beban guna sebagai simulasi latihan angkat besi, serta tikus yang tak melakukan olahraga apapun.

Tikus yang tak melakukan aktivitas olahraga atau yang melakukan simulasi latihan angkat besi tidak mengalami pertumbuhan sel otak yang baru.

Jadi, riset ini membuktikan olahraga kardio dapat meningkatkan kemampuan otak. Atau, setidaknya membantu mengganti sel otak yang telah rusak.

Penelitian kedua yang akan dipublikasikan di Preventive Medicine juga menemukan hubungan yang kuat antara olahraga kardio dan risiko depresi.

Baca juga: Latihan Kekuatan Vs Kardio, Mana yang Lebih Unggul?

Penelitian yang dipimpin oleh Felipe B. Schuch dari Centro Universitário La Salle, Brazil, ini menggunakan tiga riset yang berbeda.

Riset dilakukan dengan menilai tingkat kebugaran satu juta subyek penelitian.

Halaman:


Sumber DMarge
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X