Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bikin Mobil Bugatti Chiron Pakai LEGO, Habiskan Biaya Rp 44 Miliar

Kompas.com - 31/08/2018, 18:47 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com - Siapa yang tak pernah mendengar merek LEGO

Ya, permainan bongkahan plastik yang bisa disusun menjadi beragam bentuk kreasi ini merupakan mainan yang tak hanya digemari anak-anak, tapi juga remaja, bahkan orang dewasa.

Kali ini, LEGO kembali mengguncang publik dunia dengan membuat sesuatu yang seolah di luar batas imajinasi dari kreasi sebuah mainan.

Seperti diberitakan laman Highsnobiety.com, dengan menggunakan bahan dasar LEGO Technic -yang selama ini dikenal sebagai varian LEGO yang memiliki fungsi mekanik, dibangunlah sebuah replika mobil 1:1.

Baca juga: Yuk, Maksimal Manfaat Mainan Lego untuk Anak

Dengan menggunakan satu juta keping LEGO, dibuatlah replika mobil Bugati Chiron, hingga mengabiskan dana sebesar tiga juta dollar AS. 

Jika dikonversi ke dalam mata uang Rupiah, harga mobil LEGO tersebut mencapai lebih dari Rp 44 miliar. Luar biasa mahalnya bukan?

Satu hal yang luar biasa, tak hanya pajangan berbentuk mobil sport, tapi kreasi LEGO ini bisa dikendarai bak mobil pada umumnya.

Cuplikan video di atas dapan memperlihatkan bagaimana konstruksi yang luar biasa dibangun untuk menyusu kendaraan "ajaib" itu.

Setelah rampung, Bugatti x LEGO ini pun terlihat melakukan uji coba jalan di sebuah lintasan di Jerman, -yang selama ini memang dipakai sebagai lintasan resmi untuk uji kendaraan Bugatti.

Baca juga: Struktur Lego Tertinggi se-Dunia Ada di Tel Aviv

Lalu apa selanjutnya?

Mobil ini dikendarai juga oleh penguji kendaraan dari Bugatti, Andy Wallace, yang menjadi penguji pertama saat varian Chiron "yang asli" masih dalam tahap pengembangan. 

Satu juta keping LEGO ditambah bongkahan mesin yang dipasang tanpa tambahan lem, memakan waktu 13.438 jam, untuk dikembangkan dan dirakit.

Seperti dilansir TechCrunch, ide awal pembangunan proyek ini sudah dimulai sejak bulan Juni tahun 2017 lalu, dan pembangunannya dimulai pada bulan Maret lalu.

Membangun replika mobil Chiron dengan ukuran yang presisi seperti aslinya pun sudah merupakan hal yang luar biasa.

Baca juga: Pintar Berimajinasi, Anak Usia 5 Tahun Ini Ciptakan Kota Lewat Lego

Apalagi mendapati kenyataan bahwa kendaraan ini bisa dikemudikan dengan kecepatan maksimal mencapai 20 kilometer per jam. Sungguh menakjubkan bukan?

Tentu saja kecepatan lari mobil ini jauh berbeda dengan kecepatan asli Chiron yang luar biasa itu. Namun tak terbantah, ini merupakan pencapaian istimewa. 

The LEGO Technic Bugatti Chiron ini dipamerkan secara resmi di Monza, Italia, 30 Agustus, sejalan dengan pergelaran Grand Prix Formula One Italia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com