Kompas.com - 31/08/2018, 20:20 WIB
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Diet keto sedang digandrungi saat ini karena katanya efektif untuk menurunkan berat badan. Ada efek samping yang mungkin terjadi saat kita menjalani diet ini, dari pusing, lemas, hingga gangguan pencernaan.

Bahkan bukan hanya itu, beberapa orang mengatakan gairah seksual menurun pada pasangan yang melakukan diet ini. Apa benar?

Awalnya, diet keto dibuat khusus untuk membantu pengobatan pasien dengan epilepsi. Namun, semakin ke sini, kian banyak orang yang mencoba-coba menjadikan diet ini untuk menurunkan berat badan.

Diet ketogenik adalah diet yang mengurangi jumlah karbohidrat secara drastis dan menggantinya dengan lemak. Pengurangan karbohidrat ini membuat tubuh mengalami perubahan keadaan metabolik yang disebut dengan ketosis.

Baca juga: Apa yang Terjadi Jika Atlet Melakukan Diet Keto?

Ketika ketosis terjadi, tubuh menggunakan lemak sebagai energi menggantikan gula dari karbohidrat yang jumlahnya sudah sangat sedikit dalam tubuh.

Ketosis ini selanjutnya akan menimbulkan berbagai macam efek samping pada penggiat diet keto ini.

Apa benar gairah seksual menurun akibat melakukan diet keto?

Dalam sehari, orang dengan diet keto hanya makan sedikit karbohidrat, sekitar 20-50 gram karbohidrat, lemak yang relatif tinggi, dan protein dalam ukuran sedang.

Dengan konsep ini, diet keto memiliki efek samping terhadap fungsi hormon dan mengubah cara tubuh memproduksi hormon.

Salah satu fungsi hormon yang mengalami perubahan adalah hormon tiroid. Bukan hanya menimbulkan lelah dan mood yang menurun, perubahan fungsi hormon tiroid secara tidak langsung ikut menurunkan libido.

Halaman:
Sumber


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.