6 Perubahan Gaya Hidup, Kunci Pengobatan Asam Urat di Rumah

Kompas.com - 01/09/2018, 22:04 WIB
Ilustrasi makan buah michaeljungIlustrasi makan buah
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Orang yang mengalami asam urat akan merasakan sendi sakit hingga bengkak. Meski memang penyakit ini tak bisa disembuhkan total, tapi gejalanya bisa dikendalikan.

Selain mengandalkan obat-obatan dari dokter, ada cara pengobatan asam urat di rumah yang bisa kamu coba. Pengobatan di rumah ini dapat membantu mengendalikan gejala asam urat yang muncul.

Kunci dari pengobatan asam urat di rumah adalah dengan mengubah gaya hidup. Tentu, kamu harus mengubahnya ke arah yang lebih baik dan sehat. Perubahan gaya hidup ini cukup ampuh untuk mengendalikan gejala asam urat. Ini cara yang bisa kamu lakukan di rumah.

1. Pantau kadar asam urat

Ilustrasi periksa darahThinkstock Ilustrasi periksa darah
Hal yang harus kamu miliki adalah alat tes asam urat. Saat ini alat cek asam urat sudah bisa dipakai sendiri oleh pasien. Bentuknya hampir sama dengan alat pengecek gula darah di rumah.

Jadi, dengan menggunakan alat tersebut kamu bisa terus memantau kadar asam urat. Kadar asam urat yang normal adalah di bawah 6 mg/dL untuk perempuan dan laki-laki di bawah 7 mg/dL.

2. Olahraga dengan teratur

Ilustrasi olahraga bersamand3000 Ilustrasi olahraga bersama
Pengobatan asam urat di rumah lain yang paling mudah adalah melakukan olahraga rutin. Berolahragalah secara teratur dengan intensitas sedang setidaknya 30 menit selama 5 hari dalam seminggu.

Gejala asam urat akan lebih bisa dikendalikan jika kamu melakukan olahraga. Olahraga membuat sendi-sendi terlatih dengan baik, sehingga bisa mencegah nyeri sendi yang kerap kali menyerang orang dengan asam urat.

3. Jaga berat badan dengan diet yang tepat

Ilustrasi menimbang berat badankatiko-dp Ilustrasi menimbang berat badan
Orang yang mengalami obesitas memiliki risiko lebih tinggi untuk memiliki asam urat yang tinggi daripada orang yang memiliki berat badan normal.

Untuk menjaga berat badan, pilihlah sumber karbohidrat kompleks dalam diet. Makan lebih banyak buah, sayuran, dan gandum utuh. Hindari makanan seperti kue-kue manis, permen, minuman manis dan produk yang mengandung gula fruktosa tinggi.

Selain itu, kurangi lemak jenuh dari daging merah, unggas yang berlemak, dan produk susu yang mengandung tinggi lemak.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X