Kompas.com - 01/09/2018, 22:11 WIB
ilustrasi tidur ilustrasi tidur
|
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tidur menyamping adalah posisi paling umum dilakukan banyak orang. Namun, ternyata posisi tersebut juga memiliki efek buruk.

Ketika tidur telentang membuatmu cenderung mudah mendengkur dan mengalami sleep apnea, sementara tidur tengkurap membuat kita berisiko sakit punggung, apa efek buruk tidur menyamping?

1. Menimbulkan kerutan

Secara umum, tidur menyamping baik bagi kesehatan. Namun, posisi ini berpotensi merusak kulit. Profesor Dermatologi di Saint Louis University menjelaskan kepada CNN, tidur dengan posisi menyamping bisa membuat kerutan kulit lebih mudah muncul.

Kerutan adalah efek alami dari penuaan. Namun, tidur nenyamping membuat wajah tertekan pada permukaan bantal dan menimbulkan efek gesekan.

2. Mengubah bentuk payudara

Tidur menyamping juga berpotensi mengubah bentuk payudara. Editor kesehatan Health magazine menulis, hal ini karena posisi tersebut memaksa payudara untuk tergantung ke bagian bawah. Posisi tersebut meregangkan ligamen dan menyebabkan efek kendur.

3. Kesemutan dan kram

Menurut situs Greatist, tidur menyamping baik untuk pencernaan dan bisa memberikan tekanan pada perut dan paru-paru.

Tidur menyamping juga dinilai menahan aliran darah ke lengan dan tangan serta menekan syaraf.

Halaman:


Sumber Bustle
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X