Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/09/2018, 11:04 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Health.com

KOMPAS.com - Di media sosial, mungkin kita sering melihat teman-teman kita atau para influencer mengunggah foto mereka setelah berolahraga dengan masih menggunakan makeup lengkap.

Beberapa orang mungkin memang tidak bisa lepas dari makeup. Tapi, olahraga dengan full makeup ternyata sangat tidak disarankan untuk kulit.

Apa alasannya?

Olahraga menyebabkan pembuluh darah membesar, aliran darah semakin kencang ke kulit dan pori-pori terbuka.

Dermatolog asal New York, Rachel Nazarian, MD menjelaskan, keringat dan bakteri yang terperangkap di bawah lapisan makeup akan membuat kulit sulit melepaskan panas dengan baik dan membuatnya pori-pori rentan tertutup.

"Bakteri dan keringat yang terperangkap pada pori-pori wajah akan memperlebar pori-pori dari waktu ke waktu dan menyebabkan komedo (blackhead)," kata Nazarian.

Panas yang tidak bisa dilepaskan dengan baik juga akan memicu kondisi sensitif, seperti rosacea, biasanya menyebabkan kulit memerah dan warna yang tidak merata.

Makeup juga bisa menutupi kelenjar minyak. Hal ini akan membuat pori-pori wajah tertutup dan menyebabkan jerawat atau iritasi.

Baca juga: Tips Skincare untuk Bersihkan Komedo di Hidung

Bukan hanya foundation, pemakaian makeup minor, seperti eyeliner, maskara dan lipstik, saat olahraga juga tidak disarankan. Kondisi wajah sebaiknya bebas dari make up apa pun.

"Produk-produk tersebut rentan mencoreng wajah selama olahraga berlangsung dan bisa menyumbat pori-pori di sekitar mata dan mulut. Seperti kelopak mata atau munculnya blackhead pada bibir," kata Nazarian.

Beberapa orang mungkin tak berniat berolahraga mengenakan makeup, namun mereka tak sempat menghapus makeup sebelumnya. Pada situasi seperti ini, ingatlah bahwa tidak semua makeup sama.

Nazarian menambahkan, jika kita tak punya waktu untuk menghapus makeup sebelum berolahraga, gunakanlah makeup dengan label "non-comedogenic" atau makeup yang tidak menyumbat pori-pori.

Lalu, gunakan bedak tabur setipis mungkin alih-alih menggunakan produk cair berbasis minyak.

Segera cuci wajah dengan pembersih wajah lembut setelah selesai berolahraga.

Baca juga: Membersihkan Wajah Sebelum Tidur Itu Penting

Namun, jika kamu memang harus mengenakan makeup ketika berolahraga, pastikan kamu hanya melakukan gerakan ringan sehingga tak akan mengeluarkan banyak keringat.

Kamu juga bisa memilih tinted moisturizer ketimbang CC atau BB cream karena cenderung lebih ringan.

"Produk tinted (pewarna) bisa memberikan warna dan menjaga wajah tetap berkilau tanpa menggunakan makeup," kata Dermatolog asal New York, Debra Jaliman, MD.

Bagi kamu yang ingin menutupi jerawat atau noda wajah lainnya, Jaliman menyarankan pemakaian concealer di area-area tertentu alih-alih menggunakan foundation.

Namun, para dermatolog sepakat bahwa yang terbaik bagi kulit adalah menghapus makeup tersebut secara keseluruhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Health.com
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com