Penyebab Kulit Tangan Terlihat Kering dan Tua - Kompas.com

Penyebab Kulit Tangan Terlihat Kering dan Tua

Kompas.com - 04/09/2018, 07:40 WIB
Perawatan kukushutterstock Perawatan kuku

KOMPAS.com - Kulit wajah barangkali menjadi perhatian utama rutinitas skincare kita: memakai tabir surya, krim hidrasi, hingga serum pengencang kulit.

Untuk kulit tangan? Biasanya hanya pelembab saja. Padahal, kulit di bagian tubuh ini termasuk rapuh dan paling sering terpapar banyak hal ketika dipakai kerja.

Karena itu jangan kaget jika kulit wajah kita terlihat kencang dan segar, namun kulit di bagian tangan sangat kering, keriput, dan menua sebelum waktunya.

Menurut dokter dermatologi Ranella Hirsch, ada beberapa penyebab mengapa kulit tangan tampak tua dan cara mengatasinya.

1. Bintik penuaan
Bintik-bintik kecokelatan di kulit timbul bukan karena faktor usia, tapi paparan sinar matahari. Untuk mencegahnya, selalu gunakan tabir surya jika kita akan beraktivitas lama di bawah sinar matahari.

2. Mulai berkerut
Kulit yang kering, kendur, dan berkerut, dapat dengan mudah terlihat di bagian tangan kita. Seperti halnya untuk wajah, gunakan produk retinoid atau retinol untuk mengembalikan tekstur kulit.

3. Pembuluh darah menonjol
Kondisi ini memang sering ditemui seiring bertambahnya usia. Namun, sebenarnya bisa disiasati secara mudah, yakni dengan concealer wajah. Cara ini bisa kita pakai jika ingin tampil istimewa dalam acara tertentu.

4. Kulit bersisik
Kembalikan kondisi kulit yang lembab dan kenyal dengan melakukan rutinitas skincare seperti halnya pada wajah.

Caranya, scrub kulit tangan untuk mengangkat sel kulit mati, lalu gunakan krim tangan khusus dan tutup menggunakan plastik wrap atau sarung tangan katun saat tidur. Lakukan secara rutin agar kulit tangan kembali segar.

Baca juga: Mengatasi Kulit Kering Akibat Sering Cuci Piring


Sumber

Close Ads X