Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salah Kaprah Soal Kecanduan Seks di Mata Masyarakat Indonesia

Kompas.com - 04/09/2018, 21:21 WIB
Nabilla Tashandra,
Wisnubrata

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mungkin kita sering membaca istilah "kecanduan seks". Istilah yang sering diasosiasikan sebagai libido tinggi dari seseorang yang ingin terus berhubungan intim.

Namun, apa ukuran seseorang mengalami kecanduan seks?

Psikolog Klinik Angsamerah, Inez Kristanti mengatakan, sebetulnya banyak masyarakat Indonesia yang masih salah mengartikan "kecanduan seks".

"Seringnya orang Indonesia salah kaprah terkait istilah-istilah yang digunakan. Memang ada yang betul kecanduan seks, tapi tidak sebanyak itu."

Demikian diungkapkan Inez pada acara peluncuran kampanye kolaboratif #AkuDewasa oleh Campaign bersama Sensitif Vivo di GoWork, Chubb Square, Thamrin, Jakarta, Selasa (4/9/2018).

Beberapa pasiennya yang merupakan pasangan suami-istri seringkali datang dengan masalah mengaku dirinya atau pasangannya diindikasikan mengalami kecanduan seks.

Padahal, belakangan ditemukan bahwa mereka hanya memiliki ekspektasi dan perspektif yang berbeda dengan pasangannya.

"Ekspektasi suami dan istri dalam hubungan intim berbeda. Misal, suami ekspektasinya sekian sering, si istri sebaliknya," ujar Inez.

"Sehingga di mata istri, suaminya kecanduan. Sementara di mata suami, istrinya tidak punya gairah seksual."

Baca juga: Atasi Stres Hingga Kecanduan, Ini 9 Manfaat Lari bagi Kesehatan Mental

Dalam konteks perbedaan perspektif tersebut, kata Inez, penyelesaiannya bukanlah melalui terapi kecanduan melainkan dengan komunikasi antarpasangan.

Misalnya, memperjelas keinginan masing-masing agar sejalan.

"Setiap orang punya hak untuk mengekspresikan hubungannya seperti apa dalam hubungan perkawinan. Itu juga yang saya latihkan pada klien," tutur pengajar di Unika Atma Jaya itu.

Ia menambahkan, kecanduan seks belum menjadi satu diagnosa tertentu dan masih diperdebatkan. Terutama mengenai reaksi yang ditunjukkan.

"Kalau kecanduan zat bisa sampai sakit, efek withdrawal namanya. Apakah orang yang kecanduan seks sampai seperti itu? Itu masih diperdebatkan apakah akan terlihat reaksi serupa," tuturnya.

Namun, setidaknya ada dua hal yang bisa menjadi indikasi bahwa seseorang memerlukan penanganan psikologis terkait perilaku seksualitasnya.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com