Kompas.com - 05/09/2018, 18:00 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bila ingin usaha penurunan berat badan cepat mencapai hasil, jangan pernah lewatkan sarapan.

Selain penting sebagai bekal memulai aktivitas sehari-hari, makan pagi yang bernutrisi juga dapat membantu usaha menurunkan berat badan.

Pakar nutrisi Jansen Ongko mengungkapkan, peran serta sarapan dalam menurunkan berat badan cukup signifikan.

Saat sarapan, tubuh akan terisi karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan nutrisi. Ada pun karbohidrat, kata Jansen, merupakan bahan bakar terbaik yang digunakan oleh tubuh untuk olahraga.

Selain pembatasan asupan kalori, berolahraga memang harus menjadi bagian dari usaha penurunan berat badan.

Memilih tidak sarapan justru membuat tubuh lemas sehingga performa sehari-hari menurun, termasuk olahraga. 

"Untuk performa aktivitas fisik yang bagus, maka perlu sarapan yang baik, seperti karbohidrat," kata Jansen saat peluncuran Nestum dari Nestle, Jakarta, Rabu (5/9/2018).

"Tanpa asupan karbohidrat cukup, performa tidak akan optimal. Kalau tidak optimal, kalori yang dibakar saat olahraga bisa lebih rendah dari yang diperkirakan."

Jansen mengingatkan, diet yang fokus dengan mengurangi makan, termasuk sarapan, justru berisiko kekurangan asupan nutrisi. Kondisi itu pun dianggap berbahaya bagi kesehatan.

"Beberapa risiko bukan lemak saja yang turun, juga massa otot hingga kepadatan tulang. Jadi turunnya juga tidak sehat," ujar Jansen.

Baca juga: Menu Sarapan yang Harus Dihindari Saat Menurunkan Berat Badan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.