Kompas.com - 05/09/2018, 18:58 WIB
Ilustrasi bayi mandi Ingram PublishingIlustrasi bayi mandi
|
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa bayi memiliki kondisi kulit yang lebih sensitif dibandingkan bayi-bayi lainnya. Pada situasi tersebut, orangtua harus berhati-hati memilih produk yang sesuai dan tidak semakin memperparah kondisi kulit bayi.

Kulit sensitif bayi sebetulnya dimulai dari kondisi kulit yang kering. Dokter spesialis kulit Nanny Shoraya menjelaskan, kulit bayi yang sensitif memiliki fungsi pemisah (barrier) yang kurang optimal.

Akibatnya, bahan-bahan kimia mudah masuk dan penguapan air lebih tinggi.

"Hal ini berdampak kulit bayi mudah kering atau iritasi. Kadang kita bilangnya kulit sensitif," ujar Nanny pada acara peluncuran Young Living Seedlings di Raffles Hotel Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Karena kondisi kulit yang mudah iritasi, terjadilah radang kulit pada bayi. Hal ini menyebabkan kulit bayi tidak sehat dan pada akhirnya ia juga merasa tidak nyaman.

Bayi juga akan lebih sering rewel serta aktivitasnya terganggu. "Dalam jangka panjang bisa mengganggu perkembangannya," tutur Nanny.

Ada beberapa tips merawat bayi berkulit sensitif yang bisa diikuti oleh para orangtua. Mulai dari perlakuan sehari-hari hingga memilih produk yang tepat.

1. Tidak kontak lama dengan air

Pastikan kulit anak tak terlalu lama bersentuhan dengan air. Sebab, semakin lama kulit berkontak dengan air, maka penguapan air akan semakin besar dan kulit menjadi semakin kering.

Gunakan suhu air dengan kisaran 37-37,5 derajat Celsius dengan durasi sekitar 5-10 menit.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.