Kompas.com - 06/09/2018, 20:47 WIB

KOMPAS.com - Anak yang lahir dari ibu yang mengonsumsi minyak ikan di masa kehamilannya, akan memiliki lebih banyak otot dan tulang yang lebih kuat.

Perempuan yang mengonsumsi omega-3 setiap hari sejak separuh usia kehamilan melahirkan anak dengan BMI lebih tinggi di usia enam tahun.

Demikian kesimpulan dari penelitian bertahun-tahun yang dilakukan di Universitas Copenhagen, Denmark.

BMI adalah kependekan dari Body Mass Index atau Indeks Massa Tubuh. BMI menggambarkan proporsionalitas tinggi dan berat badan.

Melalui pemeriksaan terhadap anak-anak tersebut, terungkap, mereka memiliki lemak jahat yang lebih sedikit dan otot yang lebih banyak.

Baca juga: Konsumsi Sayur dan Minyak Ikan Disebut Mampu Tunda Menopause

Selain itu, kepadatan tulangnya pun lebih bagus dibandingkan anak lain yang ibunya tak mengonsumsi minyak ikan.

Tak berhenti sampai di situ, peneliti juga menemukan, mereka memiliki risiko lebih rendah untuk terserang asma atau penyakit yang berkaitan dengan pernapasan. 

Dalam penelitian ini ada 736 perempuan Denmark yang secara acak diminta untuk mengonsumsi pil omega-3 atau pil dummy yang tak memiliki efek, mulai dari minggu ke 24 kehamilan hingga satu minggu setelah melahirkan.

Penelitian mengungkap risiko tentang asma, di mana mereka yang mengonsumsi minyak ikan mengalami penurunan risiko sebanyak 30 persen.

Hasil lainnya, anak-anak itu diminta untuk melakukan pengukuran tinggi dan berat badan setiap tahun. Mereka pun menjalani pemeriksaan yang menghitung komposisi tubuh pada usia 3,5 tahun dan enam tahun.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.