Kompas.com - 06/09/2018, 22:15 WIB
Union for Vision dari LOccitane LOccitaneUnion for Vision dari LOccitane
Editor Wisnubrata

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak awal, L'Occitane mengembangkan produk perawatan tubuh agar bisa dinikmati dengan indera manusia. Baik lewat keharumannya yang menenangkan atau memberi energi, kelembutan yang bisa dirasakan kulit, atau hasilnya yang indah dipandang.

Tak heran bila produk asal Perancis itu menaruh perhatian besar pada salah satu indera kita, yaitu mata. Bahkan L'Occitane membuat produknya aksesibel untuk mereka yang mengalami gangguan penglihatan dengan mencantumkan uruf Braille di hampir semua kemasan produknya sejak tahun 1997.

Perhatian itu terus berlanjut dan kali ini L’Occitane berupaya menekan dan mencegah angka kebutaan di Indonesia lewat kerja sama dengan Hellen Keller International (HKI).

Melalui program Union for Vision dari L’Occitane Fondation, dilakukan upaya mencegah kebutaan pada anak dengan pemeriksaan mata di berbagai daerah di Indonesia.

Yang terbaru, adalah melakukan program pemeriksaan mata di sekolah-sekolah di daerah Sulawesi Selatan bersama dengan pemerintah Sulawesi Selatan, Persatuan Dokter Mata Indonesia (PERDAMI), Ikatan Refraksionis Optisien Indonesia (IROPIN) cabang Sulawesi Selatan, dan Gabungan Pengusaha Optik Indonesia (GAPOPIN).

kemasan LOccitane yang dilengkapi huruf brailleLOccitane kemasan LOccitane yang dilengkapi huruf braille
Untuk membantu program ini, L’Occitane berkolaborasi dengan dua illustrator yaitu Diela Maharanie dan Dinda Puspitasari, juga kaligrafer Chia Tjong, untuk menggalang dana dengan membuat merchandise yaitu scarf, notebook, eye sleeping mask dan t-shirt yang akan dijual diseluruh butik L’Occitane di Indonesia.

Setiap penjualan 1 merchandise, L’Occitane akan menyumbangkan 2 Euro kepada HKI untuk program di Sulawesi Selatan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Ilustrasi yang saya buat untuk campaign kali ini mencoba menggambarkan pentingnya kesehatan mata sehingga kita bisa meraih apa yang kita cita-citakan, dan juga mengajak agar kita mesti terus membuka mata untuk membantu mereka yang tidak bisa melihat," ujar Diela Maharanie, Selasa (28/8/2018) di Jakarta.

Hal yang serupa disampaikan oleh Dinda Puspitasari, “Semoga ilustrasi saya dapat membantu meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa kebutaan masih menjadi salah satu isu besar di Indonesia, yang sebenarnya dapat dicegah," ujarnya.

Adapun Chia Tjong menyebut bahwa ide dari merchandise yang dibuat terinspirasi dari mata manusia.

“Bunga-bunga yang saya gambar merupakan interpretasi dari iris mata manusia yang bergaris-garis seperti kelopak bunga. Quotes di dalam notebook ditulis dengan modern calligraphy, semua berupa pesan positif mengenai mata dan penglihatan," katanya.

Selain itu, untuk membantu anak anak Tuna Netra yang menempuh Pendidikan di Sekolah Umum, L’Occitane akan mengadakan kegiatan ketik ulang buku sekolah pada event yang akan diselenggarakan di dua mall di Jakarta.

L’Occitane akan mengadakan pop up booth di Senayan City pada tanggal 18 – 23 September 2018 dan Pondok Indah Mall II pada tanggal 25 – 30 September 2018.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.