Kompas.com - 06/09/2018, 23:25 WIB
adidas x Neighborhood NUREG GmbHadidas x Neighborhood
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Kolaborasi rupanya telah menjadi tren untuk menjadikan sebuah produk lebih digemari. Dengan kolaborasi, sebuah produk mendapatkan wajah baru yang unik, dan seringkali menjadi item istimewa bahkan langka, dibanding seri biasa.

Kecenderungan ini rupanya paling banyak terjadi di dunia sneakers beserta aksesorisnya. Sebutlah kolaborasi Adidas dengan Pharrell Wiliams, Vans dengan Metallica, Nike dengan Virgil Abloh, dan sederet nama lainnya.

Yang terbaru adalah kolaborasi adidas dengan Neighborhood, brand streetwear asal Jepang. Walau keduanya sudah bekerjasama sejak tahun 2005, namun produk terbaru yang dirilis menampilkan kreasi baru yang menarik.

adidas x NeighborhoodNUREG GmbH adidas x Neighborhood
Adalah Shinsuke Takizawa, pendiri Neighborhood, yang dalam kolaborasi pertama membuat sepatu adidas Superstar versinya sendiri untuk dikenakan. Sejak itu, kolaborasi kedua brand ini berkembang hingga menghadirkan koleksi Capsule Collection FW18, September 2018 ini.

Takizawa sendiri adalah anak motor Jepang yang mengembangkan desain Neighborhood dengan gaya counterculture/subculture. Dalam rancangannya bersama adidas, ia memberi sentuhan sportswear klasik dari budaya sepakbola gaya Jepang dan pakaian ala militer yang dulu sering dipakai geng motor setempat.

adidas x NeighborhoodNUREG GmbH adidas x Neighborhood
Kolaborasi ini juga melibatkan tangan seniman asal Los Angeles, Cali Thornhill DeWitt. DeWitt menghadirkan semangat pemberontakan lewat kata-kata ‘Survive’ dan ‘Under Attack’ dalam font ‘Old English’ yang dipasangkan pada produk kolaborasi.

Di apparel, yang menjadi sorotan utama adalan M65 field-jacket, lengkap dengan Primaloft-padded inner vest yang bisa dilepas. NBHD alias Neighborhood dalam font Old English hadir di setiap empat kantong depan, sementara desain target karya DeWitt muncul di dada kiri dan di atas kantong belakang.

adidas x NeighborhoodNUREG GmbH adidas x Neighborhood
Sementara itu, setiap pasang sepatu dari tiga siluet yang berbeda – Kamanda, Stan Smith, dan I-5923 – diperbarui dengan warna olive yang terinspirasi gaya militer.

Versi buttery nubuck dari Kamanda menampilkan sol klasik yang terinspirasi dari adidas Samba dengan lacing asimetris, dan tulisan NEIGHBORHOOD.

adidas x NeighborhoodNUREG GmbH adidas x Neighborhood
Sedangkan track top dan celananya dijahit dengan grafis khas dilengkapi kaus lengan pendek dan panjang yang mewakili baju training dari tim sepakbola tahun 70an dan 80an bergaya retro.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.