Mengapa Jerawat Sering Tumbuh di Area yang Sama?

Kompas.com - 07/09/2018, 21:30 WIB
Ilustrasi jerawat SrisakornIlustrasi jerawat

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang sering mengalami jerawat. Intensitasnya beragam, mulai dari jerawat ringan hingga jerawat yang memenuhi wajah.

Tak jarang orang yang mengalami jerawat di area yang sama. Meski sudah hilang, beberapa lama kemudian jerawat kembali tumbuh di area tersebut.

Apakah kamu pernah mengalaminya?

Pendiri Jakarta Aesthetic Clinic, dr Olivia Ong menjelaskan, hal itu bisa disebabkan karena area yang sebelumnya terdapat jerawat belum mengalami penyembuhan total.

Salah satu akibatnya adalah karena tangan sering memegang bagian bekas jerawat tersebut.

Baca juga: Kabar Gembira, Ditemukan Vaksin untuk Atasi Jerawat

" Jerawat kan rumusnya minyak, kotoran, bakteri. Di tempat tersebut dia selalu garuk-garuk. Ya tidak hilang karena di jari banyak bakteri."

Founder Jakarta Aesthetic Clinic, dr Olivia Ong pada acara peluncuran aplikasi Real Matters ID di The Hook Cafe, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (7/9/2018).KOMPAS.com/Nabilla Tashandra Founder Jakarta Aesthetic Clinic, dr Olivia Ong pada acara peluncuran aplikasi Real Matters ID di The Hook Cafe, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (7/9/2018).

Hal itu diungkapkan Olivia saat ditemui di The Hook Cafe, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (7/9/2018).

Kasus tersebut, menurut dia, paling sering dilakukan oleh orang-orang. Di samping penyebab lainnya seperti mengkonsumsi makanan tertentu.

Apalagi, hampir semua orang tak bisa lepas dari ponsel. Padahal, ponsel merupakan sarang bakteri.

Menurut dia, kebiasaan seperti itu harus dihilangkan.

"HP kumannya lebih banyak dari toilet. Asal kita enggak pegang-pegang (jerawat) lagi bisa hilang. Beda lo dengan kalau tidak kebiasaan seperti itu," tuturnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X