Kompas.com - 08/09/2018, 08:46 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Apakah kamu termasuk orang yang sering lupa password untuk masuk ke situs atau akun media sosial?

Mengingat kata sandi memang hal yang sulit dilakukan, padahal saat ini kita membutuhkannya lebih sering. Rata-rata orang memiliki lebih dari tiga akun di internet yang membutuhkan kata sandi untuk masuk.

"Website fokus memberitahu pengguna bahwa kata sandi mereka lemah atau kuat, tetapi tidak melakukan apa-apa untuk membantu orang mengingatnya," kata salah satu tim peneliti Janne Lindqivist.

Bersama timnya dari Universitas Rugers, New Brunswick, Amerika dan Universitas Aalto, Finlandia, Lindqivist melakukan penelitian untuk mengungkap penyebab orang mudah sekali lupa kata sandi.

Kata sandi berbasis teks sulit diingat, sehingga kebanyakan orang akan memilih kata yang sederhana dan tidak aman sebagai password-nya.

Penelitian ini menemukan bukti bahwa memori manusia secara umum beradaptasi berdasarkan perkiraan seberapa sering kata sandi dibutuhkan.

Kata sandi yang sering digunakan biasanya jarang dilupakan, dan perancang sistem seharusnya mempertimbangkan lingkungan di mana kata sandi itu dipakai dan bagaimana cara kerja memori.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Banyak orang berjuang mengingat kata sandi karena saat ini kita banyak membutuhkannya. Mereka pun jadi frustasi," kata Lindqvist.

Dari penelitiannya itu disimpulkan bahwa sebuah sistem seharusnya mampu memprediksi memorabilitas kata sandi, mengukur apakah orang mengingatnya dan ada sebuah "insentif" bagi orang yang login secara teratur. Dengan demikian kata sandi lebih gampang diingat.


Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.