Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 08/09/2018, 08:46 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Apakah kamu termasuk orang yang sering lupa password untuk masuk ke situs atau akun media sosial?

Mengingat kata sandi memang hal yang sulit dilakukan, padahal saat ini kita membutuhkannya lebih sering. Rata-rata orang memiliki lebih dari tiga akun di internet yang membutuhkan kata sandi untuk masuk.

"Website fokus memberitahu pengguna bahwa kata sandi mereka lemah atau kuat, tetapi tidak melakukan apa-apa untuk membantu orang mengingatnya," kata salah satu tim peneliti Janne Lindqivist.

Bersama timnya dari Universitas Rugers, New Brunswick, Amerika dan Universitas Aalto, Finlandia, Lindqivist melakukan penelitian untuk mengungkap penyebab orang mudah sekali lupa kata sandi.

Kata sandi berbasis teks sulit diingat, sehingga kebanyakan orang akan memilih kata yang sederhana dan tidak aman sebagai password-nya.

Penelitian ini menemukan bukti bahwa memori manusia secara umum beradaptasi berdasarkan perkiraan seberapa sering kata sandi dibutuhkan.

Kata sandi yang sering digunakan biasanya jarang dilupakan, dan perancang sistem seharusnya mempertimbangkan lingkungan di mana kata sandi itu dipakai dan bagaimana cara kerja memori.

"Banyak orang berjuang mengingat kata sandi karena saat ini kita banyak membutuhkannya. Mereka pun jadi frustasi," kata Lindqvist.

Dari penelitiannya itu disimpulkan bahwa sebuah sistem seharusnya mampu memprediksi memorabilitas kata sandi, mengukur apakah orang mengingatnya dan ada sebuah "insentif" bagi orang yang login secara teratur. Dengan demikian kata sandi lebih gampang diingat.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com