Kompas.com - 10/09/2018, 07:03 WIB
Putria Diana pada hari pernikahan di St. Paul Cathedral ELLE.COMPutria Diana pada hari pernikahan di St. Paul Cathedral

KOMPAS.com - Gaun pengantin Putri Diana mungkin salah satu yang paling terkenal sepanjang masa.

Dengan bahan sutra taffeta dan train hingga 7,62 meter, gaun itu bisa disebut sebagai puncak kemewahan pada masanya. 

Kendati demikian, dilansir dari The Sun, gaun itu bukan satu-satunya yang dibuat untuk momen pernikahan paling dikenang tersebut. Diana disebut memiliki cadangan, jika desain gaun asli bocor ke publik lebih dulu.

David dan Elizabeth Emanuel, perancang gaun Diana, mengaku takut jika detail gaun diketahui orang, serta ingin tetap dirahasiakan hingga hari pernikahan Diana dan Pangeran Charles pada 29 Juli 1981. 

Saking takutnya, mereka langsung merobek kertas sketsa sesaat setelah menunjukan ke Diana dan Charles. 

Selain itu, untuk antisipasi hal tak diinginkan, David pun membuat gaun kedua yang terbuat dari bahan serupa, sutra taffeta lengkap dengan beberapa detail lain. Namun gaun tersebut tidak terlalu mewah, karena tanpa renda-renda antik.

Gaun cadangan itu juga tidak memiliki 10.000 manik-manik mutiara seperti pada gaun pertama.Tapi, jika memang terpaksa memakai gaun kedua, David dan Elizabeth harus siap menambahkannya di menit-menit terakhir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sayangnya, opsi kedua tidak pernah terjadi dan Diana pun tidak pernah melihat itu.

“Kami tidak pernah memakaikan ke Diana. Bahkan kami tidak pernah mendiskusikan itu. Kami ingin memastikan kalau kami memiliki cadangan; itu benar-benar untuk menenangkan pikiran,” ujar David kepada laman People.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber The Sun
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.