Bagaimana Meditasi Membantu Kita dalam Mengambil Keputusan?

Kompas.com - 10/09/2018, 11:06 WIB
Ilustrasi meditasi di kantor StockLibIlustrasi meditasi di kantor

KOMPAS.com - Membuat keputusan memang bukan hal yang mudah. Apalagi, rasa bimbang kerap menyelimuti pikiran dan semakin menambah kesulitan kita untuk membuat keputusan.

Entah hanya sekedar menentukan menu makan siang atau tujuan liburan, hingga hal besar dalam hidup, membuat keputusan tak selalu menjadi hal yang mudah.

Lalu, bagaimana cara membuat keputusan yang tepat dalam hidup ini?

Selama ini, meditasi dipercaya memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan fisik dan mental. Kini, periset telah menemukan manfaat lain dari meditasi.

Riset dari Laboratorium Neuro Imaging UCLA menemukan, meditasi dapat memperkuat otak dan meningkatkan kemampuan kita untuk berpikir jernih.

Inilah yang akhirnya dapat membantu kita untuk membuat keputusan yang lebih efisien.

Untuk mendapatkan hasil riset yang akurat, peneliti melakukan pemindaian otak pada 50 orang yang bermeditasi, 28 pria dan 22 wanita.

Periset juga melakukan pemindaian otak pada 50 orang yang tidak melakukan meditasi dan membadingkan hasil keduanya.

Hasilnya, periset menemukan orang yang secara konsisten dan rutin bermeditasi mengalami perubahan yang terukur dan nyata dalam struktur otak mereka.

Perubahan tersebut mengarah ke hal positif, seperti keterampilan berpikir yang lebih baik dan pengambilan keputusan yang juga lebih baik.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X