Waspadai, Area Bandara yang Rawan Virus

Kompas.com - 11/09/2018, 19:19 WIB
Baki X Ray bandara Baki X Ray bandara

KOMPAS.com - Penyakit bisa datang kapan pun dan di manapun, termasuk saat kita bepergian.

Terutama saat bepergian dengan pesawat, penyakit sangat mudah menjangkiti kita. Banyak orang sering menyalahkan udara di pesawat ketika mereka jatuh sakit saat bepergian.

Namun, riset terbaru menemukan kenyataan yang sebaliknya. Riset yang diterbitkan dalam jurnal BMC Infectious Diseases ini menemukan jumlah virus tertinggi di bandara terdapat pada  baki 'X-Ray' sistem keamaan.

Dilansir dari Standard, riset dilakukan oleh peneliti dari University of Nottingham di bawah naungan Institut Nasional untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Finlandia.

Riset dilakukan dengan meneliti permukaan yanng sering disentuh di bandara Helsinki-Vantaa, Finlandia.

Penelitian dilakukan selama musim dingin 2016 untuk mencari jejak virus yang mempengaruhi sistem pernapasan.

Para peneliti menemukan adanya virus pada 10 persen dari permukaan baki yang diuji, termasuk rhinovirus yang menyebabkan flu biasa, dan virus Influenza A.

Baki plastik, di mana penumpang diminta untuk meletakkan sepatu dan barang bawaan mereka sebelum melewati mesin 'x-ray', ditemukan sebagai tempat yang memiliki kuman tertinggi.

Tempat lain yang harus diwaspadai adalah mesin chip dan pin, tangga pesawat, konter kontrol paspor dan area bermain anak-anak. Semua tempat tersebut terdekteksi mengandung virus.

Pemimpin riset menyarankan kita untuk mencuci tangan dan berhati-hati ketika batuk demi mengendalikan penyebaran infeksi di daerah ramai seperti bandara.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X