Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/09/2018, 08:42 WIB
Nabilla Tashandra,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Boldsky

KOMPAS.com - Kopi adalah salah satu minuman yang paling dicintai di seluruh dunia. Para pecinta kopi tak akan habis menyebutkan alasannya, seperti kopi mampu mengusir kantuk dan membangkitkan energi.

Meski memiliki banyak manfaat, konsumsi kopi secara berlebihan juga berpotensi memicu munculnya gangguan kesehatan serius. Seperti serangan jantung, sakit kepala, masalah pencernaan, dan lainnya.

Dalam 100 ml kopi terkandung nutrisi sekitar 92 mg potasium, 0,7 mg niacin, 0,05 mg mangan, 8 mg magnesium, dan 0,01 mg riboflavin.

Konsumsi kopi seharusnya tak lebih dari 400 mg atau sekitar empat gelas perharinya. Jangan sampai kita mengalami overdosis kopi.

Beberapa gejalanya antara lain kecemasan, denyut jantung meningkat, mual, berkeringat, pusing, insomnia, dan lainnya.

Namun, jangan khawatir karena ada beberapa minuman sehat yang bisa menjadi alternatif pengganti kopi saat kita merasa butuh pemacu konsentrasi.

1. Teh hijau matcha

Matcha terbuat dari teh hijau yang diproses menjadi bubuk. Teh hijau matcha adalah bentuk terkonsentrasi dari teh hijau yang kaya akan antioksidan, klorofil dan serat.

Matcha bisa membantu mencegah penyakit jantung dan baik bagi mereka yang menderita diabetes tipe 2, serta membantu memerangi kanker.

Minuman ini juga bisa memberimu suntikan kafein yang cukup dan meningkatkan energi untuk mengusir kantuk.

Baca juga: Hindari 7 Minuman Ini Saat Sedang Diet

2. Masala chai

Masala chai adalah minuman India yang cukup populer dan mengandung kafein dalam jumlah yang cukup untuk memberikan energi pada tubuh kita.

Kandungan rempah India seperti kapulaga, kayu manis, pala, cengkeh, jahe, dan lainnya membuat minuman ini memiliki rasa yang kuat. Masala chai juga mengandung antioksidan, mampu mengobati flu dan demam, serta meningkatkan imunitas tubuh.

3. Teh kunyit

Turmeric tea atau teh kunyit juga banyak dikonsumsi karena khasiatnya yang menyehatkan.

Halaman:
Sumber Boldsky
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com