Empat Minuman Sehat Alternatif Pengganti Kopi - Kompas.com

Empat Minuman Sehat Alternatif Pengganti Kopi

Kompas.com - 12/09/2018, 08:42 WIB
ilustrasi teh hijauKMNPhoto ilustrasi teh hijau

KOMPAS.com - Kopi adalah salah satu minuman yang paling dicintai di seluruh dunia. Para pecinta kopi tak akan habis menyebutkan alasannya, seperti kopi mampu mengusir kantuk dan membangkitkan energi.

Meski memiliki banyak manfaat, konsumsi kopi secara berlebihan juga berpotensi memicu munculnya gangguan kesehatan serius. Seperti serangan jantung, sakit kepala, masalah pencernaan, dan lainnya.

Dalam 100 ml kopi terkandung nutrisi sekitar 92 mg potasium, 0,7 mg niacin, 0,05 mg mangan, 8 mg magnesium, dan 0,01 mg riboflavin.

Konsumsi kopi seharusnya tak lebih dari 400 mg atau sekitar empat gelas perharinya. Jangan sampai kita mengalami overdosis kopi.

Beberapa gejalanya antara lain kecemasan, denyut jantung meningkat, mual, berkeringat, pusing, insomnia, dan lainnya.

Namun, jangan khawatir karena ada beberapa minuman sehat yang bisa menjadi alternatif pengganti kopi saat kita merasa butuh pemacu konsentrasi.

1. Teh hijau matcha

Matcha terbuat dari teh hijau yang diproses menjadi bubuk. Teh hijau matcha adalah bentuk terkonsentrasi dari teh hijau yang kaya akan antioksidan, klorofil dan serat.

Matcha bisa membantu mencegah penyakit jantung dan baik bagi mereka yang menderita diabetes tipe 2, serta membantu memerangi kanker.

Minuman ini juga bisa memberimu suntikan kafein yang cukup dan meningkatkan energi untuk mengusir kantuk.

Baca juga: Hindari 7 Minuman Ini Saat Sedang Diet

2. Masala chai

Masala chai adalah minuman India yang cukup populer dan mengandung kafein dalam jumlah yang cukup untuk memberikan energi pada tubuh kita.

Kandungan rempah India seperti kapulaga, kayu manis, pala, cengkeh, jahe, dan lainnya membuat minuman ini memiliki rasa yang kuat. Masala chai juga mengandung antioksidan, mampu mengobati flu dan demam, serta meningkatkan imunitas tubuh.

3. Teh kunyit

Turmeric tea atau teh kunyit juga banyak dikonsumsi karena khasiatnya yang menyehatkan.

Minuman ini berwarna kuning keemasan dan punya rasa yang kuat. Teh kunyit mengandung bahan aktif kurkumin di dalamnya sehingga memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Teh ini akan membantu meningkatkan imunitas tubuh, meredakan peradangan dan gejala arthritis, mencegah kanker dan alzheimer, serta manfaat lainnya.

Bagi penderita kerusakan hati dan batu empedu juga bisa memasukkan minuman ini ke dalam daftar pola makan.

4. Cokelat panas

Minuman ini mampu meningkatkan energi dan baik untuk diminum di pagi hari untuk mengawali hari. Cokelat mengandung neurotransmitter yang disebut anandamine, yang mampu menjaga kesehatan mental dan memicu rasa bahagia.

Kakao juga merupakan sumber magnesium yang bisa menjaga kita tetap aktif.

Jadi, empat minuman sehat ini bisa menjadi alternatif jika kamu ingin mengkonsumsi sesuatu yang bisa menyuntikanmu energi dan lebih sehat daripada kopi.

Namun, jika kamu seorang pecinta kopi, tetap batasi agar tidak melampaui takaran aman.



Close Ads X