Kompas.com - 12/09/2018, 09:56 WIB
Ilustrasi wajah berminyak phasinphotoIlustrasi wajah berminyak
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Tubuh kita memang memproduksi minyak alami untuk melembapkan kulit. Namun, produksi minyak alias sebum yang berlebih justru dapat memberikan masalah baru pada kulit wajah, misalnya jerawat dan komedo.

Masalah kulit ini bisa makin parah apalagi jika kita tidak melakukan perawatan wajah yang tepat. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, simak berbagai cara mengurangi minyak di wajah dalam artikel ini.

Penyebab kulit wajah berminyak bisa karena berbagai faktor, dari kebiasaan yang sebenarnya bisa diubah hingga penyebab yang tidak bisa dihindari. Berikut beberapa penyebab paling umum mengapa kulit wajah berminyak:

  • Genetik. Genetik nyatanya memengaruhi kesehatan secara keseluruhan, termasuk produksi minyak di wajah. Jika orangtua, adik, kakak, nenek, bahkan kakek memiliki kulit dengan jenis yang berminyak, maka kamu juga bisa memiliki jenis kulit serupa.
  • Hormonal. Perubahan hormon, terutama pada wanita ketika menjelang menstruasi atau menopause, dapat memicu produksi minyak lebih banyak. Tak heran jika pada masa menstruasi maupun menopause, kulit wajah wanita cenderung lebih berminyak dari biasanya. Kondisi inilah yang juga memicu jerawat menjelang datang bulan.
  • Perawatan wajah yang tidak tepat. Penggunaan produk skincare atau bahkan kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit juga dapat memicu kulit wajah memproduksi lebih banyak minyak.

Baca juga: Kulit Berminyak, Perlukah Tetap Gunakan Moisturizer?

Berbagai cara mengurangi minyak di wajah yang harus dilakukan:

  • Rutin membersihkan wajah setiap pagi dan malam, serta setelah beraktivitas.
  • Membersihkan wajah dengan pembersih (cleanser) yang lembut. Jangan menggunakan cleanser yang agresif, karena hanya akan memperparah kondisi berminyak di kulit.
  • Pilih produk skincare yang bebas minyak dan berlabel “non-komedogenik (noncomedogenic)”.
  • Menggunakan pelembap secara rutin.
  • Selalu memakai sunscreen terutama bila berkegiatan di luar ruangan.
  • Pilih produk kosmetik yang bebas minyak dan berbasis air.
  • Pakai kertas minyak untuk menyerap “genangan” minyak pada siang hari.
  • Hindari makanan-makanan yang akan memperparah atau memperbanyak produksi kelenjar minyak sepert: makanan pedas, makanan berlemak, alkohol, tinggi gula, junk food/fast food.
  • Pastikan memperhatikan asupan makanan harian dengan mengonsumsi makanan porsi seimbang, banyak sayur, banyak buah, minum air putih minimal 8 gelas sehari.

Ilustrasi mencuci mukand3000 Ilustrasi mencuci muka
Yang tidak boleh dilakukan:

  • Menggunakan cleanser yang oil-based atau alcohol-based.
  • Terlalu agresif membersihkan muka dengan menggunakan scrub setiap hari.
  • Tidur dengan kondisi wajah masih menggunakan makeup.
  • Memegang-megang wajah tanpa tujuan.

Baca juga: Kulit Masih Berminyak? Bisa Jadi Cara Cuci Wajah Anda Salah

Perlu dipahami bahwa penggunaan masker dan eksfoliasi wajah dari bahan alami tidak akan bekerja optimal untuk mengurangi produk minyak di wajah tanpa disertai dengan langkah merawat wajah yang tepat.

Bagaimana urutan pakai skincare yang tepat untuk wajah berminyak?

Berikut panduan menggunakan skincare yang tepat sebagai cara mengurangi minyak di wajah:

1. Cuci muka

Cuci muka adalah perawatan paling dasar untuk kulit berminyak. Kamu bisa menggunakan air hangat suam-suam kuku untuk membantu mengangkat minyak di wajah. Setelah itu, pilihlah produk pembersih khusus untuk kulit berminyak. Biasanya yang bebas minyak dan berlabel “non-komedogenik”.

Halaman:


Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X