Tiga Produk Perawatan Kulit Wajah yang Penting untuk Pria

Kompas.com - 13/09/2018, 09:45 WIB
IlustrasiThinkstockphotos Ilustrasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seperti wanita, pria juga perlu merawat kulit wajah. Hanya saja, permasalahan wajah pria cenderung tak sekompleks wanita sehingga jumlah produk perawatannya juga bisa lebih sedikit.

Dokter spesialis kulit dan kelamin, Eddy Karta menjelaskan, kulit pria tak dipengaruhi hormonal seperti halnya pada wanita.

"Untuk kulit pria, kecuali faktor genetik jerawat, pada usia sama rata-rata kulitnya mirip. Makanya produk pria variasinya tidak banyak."

Hal itu diungkapkan Eddy dalam peluncuran rangkaian produk Oriflame NovAge Men di Plaza Indonesia, Rabu (12/9/2018).

Meski tidak membutuhkan perawatan kulit berlapis-lapis, pria harus sudah mulai memikirkan kondisi kulit sejak setidaknya berusia 20 tahun.

Minimal ada tiga produk yang harus digunakan kaum pria untuk perawatan kulitnya, yakni  pembersih wajah, pelembap dan tabir surya.

Apalagi, pria sering mencukur rambut di wajah sehingga kulit lebih sering terkikis dan mudah iritasi. Penggunaan pelembap wajah di malam hari, menurut Eddy, sangatlah diperlukan.

Hanya saja, pria seringkali enggan mengombinasikan produk perawatan wajah. Sehingga pada akhirnya muncul masalah kulit, seperti jerawat, komedo, iritasi, dan lainnya.

Eddy mencontohkan ketika pembersihan wajah tidak optimal, namun di malam hari menggunakan produk pelembap.

"Kalau pembersihan tidak optimal, asal-asalan, sedangkan aktivitasnya banyak sekali maka malam hari saat menggunakan pelembap tidak akan berguna maksimal karena ketumpuk kotoran. Jadinya komedo," ujar Eddy.

Baca juga: Kulit Pria Lebih Lambat Menua Ketimbang Wanita

Adapun mengenai jadwal cuci muka, kata Eddy, kembali pada kebutuhan setiap orang. Jika banyak beraktivitas di luar ruangan dan terkena polusi, maka jadwal cuci muka bisa menyesuaikan.

Ingatlah untuk tidak terlalu sering cuci muka karena akan membuat kulit kering, apalagi jika kulitnya digosok.

"Kalau kegiatan hanya pergi dan pulang, bisa ketika sampai kantor (cuci muka), lalu saat sudah pulang," ucap dia.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X