Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aroma Tubuh Wanita Lebih Menggoda saat Masa Subur

Kompas.com - 14/09/2018, 07:00 WIB
Ariska Puspita Anggraini,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di era aplikasi kencan online, foto profil menjadi penilaian utama seseorang dalam mencari pasangan. Padahal, ketertarikan seseorang pada orang yang lain sangat kompleks.

Bahkan, secara fisik kita bisa tertarik pada seseorang karena aroma tubuhnya. Tetapi ini tak terkait dengan aroma parfum atau sabun yang dipakai.

Pada wanita, aroma tubuh pada masa subur membuatnya terlihat sangat menarik di mata pria. Hal ini terjadi karena ada aroma khas yang dikeluarkan tubuh pada masa ini.

Demikian menurut kesimpulan yang dimuat dalam the journal Proceedings of the Royal Society B. Ini memang bukan studi pertama yang menyebutkan daya tarik wanita lebih besar di masa subur.

Riset baru ini melibatkan 28 wanita dan 57 pria. Peneliti mengidentifikasi aroma yang terkait hormon estradiol, yang memuncak ketika masa ovulasi, sebagai sumber daya tarik.

Para wanita yang menjadi responden dalam studi ini diminta untuk melakukan diet ketat agar tidak mempengaruhi hasil riset.

Selama periode penelitian, peserta wanita berada pada tahap paling subur dari siklus menstruasi mereka dan diminta untuk tidur dengan bantalan kapas di bawah lengan mereka.

Bantalan tersebut disimpan dalam freezer. Setelah itu, bantalan dicairkan agar pria dapat menghirup aroma bantalan pada saat yang sama.

Baca juga: Pria Jangan Baper, Simak 10 Tanda Wanita Menyukaimu

Responden pria juga diminta untuk menilai setiap aroma yang memiliki daya tarik paling besar. Penilaian dilakukan tanpa melihat gambar atau penampilan wanita.

Para peneliti juga menilai hasil riset ini dari sampel air liur yang diambil dari para wanita.

Hasil riset membuktikan semakin tinggi tingkat estradiol dan semakin rendah tingkat progesteron, pria menganggap aroma wanita semakin menarik.

Rasio hormon ini dipercaya sebagai petunjuk tingkat kesuburan yang memuncak.

Hal ini juga menunjukan, secara tak sadar pria tertarik pada wanita yang menurut mereka mampu melanjutkan keturunannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com