Heboh Kupon Diskon 75 Persen, Nike Ambil Tindakan... - Kompas.com

Heboh Kupon Diskon 75 Persen, Nike Ambil Tindakan...

Kompas.com - 15/09/2018, 08:44 WIB
Gambar wajah Colin Kaepernick dan slogan yang diunggahnya di Twitter.@Kaepernick7 Gambar wajah Colin Kaepernick dan slogan yang diunggahnya di Twitter.

KOMPAS.com -  Kabar soal munculnya tawaran kupon diskon "people of color" sebesar 75 persen untuk setiap pembelian produk Nike, tentu amat mencuri perhatian konsumen. 

Kehebohan pun muncul sesaat setelah kabar tersebut merebak melalui jejaring internet.

Nike pun mengambil tindakan dengan mengeluarkan peringatan kepada seluruh gerai pengecernya di Amerika Serikat, tentang adanya kupon palsu "people of color".

Baca juga: Diboikot Karena Isu Kaepernick, Penjualan Online Nike Justru Meningkat

Kupon tersebut bergambar bintang kampanye terbaru "Just Do It" Nike, Colin Kaepernick.

Berdasarkan kabar yang beredar, Kupon diskon beredar itu pertama kali diunggah di situs berbagi foto 4chan.

Salah satu kupon itu menyematkan pengumuman, "untuk menunjukkan solidaritas terhadap gerakan 'yang kita yakini', diterbitkan kupon diskon 75 persen untuk seluruh produk sepatu dan aksesoris Nike".

Laman USA Today melaporkan, barcode yang tercetak di atas kupon tersebut tidak dapat dipindai ketika dibawa ke gerai Nike di wilayah Washington, D.C.

Ditambah pula, tersiar kabar beberapa dari kupon tersebut memiliki QR code yang ketika di-scan mengeluarkan pesan mengejutkan.

Baca juga: Trump Angkat Bicara Soal Colin Kaepernick, Sebut Nike Mulai “Terbunuh”

Pesan itu berbunyi: “Ini adalah perampokan, bergerak perlahan dan letakkan uang di dalam kotak sepatu atau semua akan tewas."

USA Today pun memastikan, selama ini, sistem pemindai dalam penjualan yang dipakai Nike tak dilengkapi dengan piranti pembaca QR Code.

Dengan demikian seharusnya, jika pun QR Code tersebut menyimpan pesan, maka tak ada pesan yang muncul di dalam mesin penjualan Nike.

Sejak serangkain kabar itu, Nike pun sudah memberikan peringatan kepada seluruh gerainya, agar setiap karyawan mencermati adanya kabar burung tersebut ( hoax). 

Baca juga: Akankah Nike Bikin Sneakers Colin Kaepernick?

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

posting for everyone — stay safe y’all these people are crazy

A post shared by follow to become skinny. (@expoxsed) on Sep 11, 2018 at 6:15am PDT

 



Close Ads X