Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Jadi Vlogger Sukses, Ini Tips Buat Vlog Keren Dari Kevin Hendrawan

Kompas.com - 17/09/2018, 06:58 WIB
Anissa DW,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

JAKARTAKOMPAS.COM – Dua tahun lalu nama Kevin Hendrawan belum dikenal banyak orang. Sebagian mungkin hanya mengenalnya sebagai seorang pembawa acara di televisi.

Berawal dari coba-coba dan melihat kesempatan yang besar di Youtube. Kini ia berhasil mendapat lebih dari 1 juta subscriber atau pengikut di akun YouTube-nya.

Jalan pria kelahiran 21 Juni ini untuk mencapai titik tersebut tentunya tidak mudah. Dari dua tahun perjalanannya sebagai vlogger, Kevin baru merasakan manisnya ketenaran ketika membagikan konten video-nya yang ke-128. Konten yang membahas permainan ponsel tersebut berhasil meraih dua juta penonton dan menjadi jalan awal kesuksesannya.

Namun, semua itu tidak lepas dari kegigihan dan konsistensi Kevin untuk menghasilkan vlog yang berkualitas. Kegigihan dan konsistensi tersebutlah yang membuatnya sukses dan dikenal banyak orang.

Istilah vlog atau video blogging saat ini sudah tidak asing lagi dikalangan pengguna media sosial. Seperti Kevin, vlogger merupakan orang yang membuat konten video berisi tentang cerita kehidupan sehari-hari, opini, hingga ketertarikan pribadi.

Jika memiliki ketertarikan akan suatu hal dan tertarik untuk membagikannya kepada orang banyak, tak ada salahnya mencoba untuk menjadi vlogger.

Berikut ada 5 tips dari Kevin Hendrawan bagi yang ingin mulai membuat video blogging sendiri.

1. Memunculkan Ide untuk Konten

Ide untuk konten bisa muncul dari mana saja. Kuncinya adalah memperbanyak referensi dan mencoba hal-hal baru. Bisa dengan memulai dari kegiatan sehari-hari, hal-hal yang sedang tren saat ini, mengobrol dengan teman, hingga bepergian ke tempat-tempat baru.

Agar bisa selalu konsisten dan bisa menghasilkan vlog yang bagus. Kevin menyarankan untuk membuat konten yang sesuai dengan minat atau keahlian.

“Bikin ide itu nggak usah ribet-ribet. Bikin apa yang nyaman kita lakukan dan kuasai. Ide yang unik dari perspektif masing-masing. Dari pada kalian sengaja buat-buat sesuatu yang kalian nggak kuasai dan nggak nyaman, ujung-ujungnya pasti akan berhenti juga,” ucap Kevin.

2. Buat storyline

Membuat storyline atau alur cerita sebelum merekam vlog menjadi salah satu langkah untuk menghasilkan vlog yang bagus. Storyline ini berisi garis besar dari video yang ingin dibuat, mulai dari konten apa saja yang dibahas hingga waktu pengambilan gambarnya.

“Biasanya aku membatasi hanya tiga konten saja yang masuk dalam satu video. Karena kalau terlalu banyak informasinya akan membosankan,” ucap Kevin.

3. Tonjolkan keunikan

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com