5 Kesalahan Umum Menjalani Diet Keto

Kompas.com - 17/09/2018, 07:19 WIB
Ilustrasi diet keto pamela_d_mcadamsIlustrasi diet keto
Editor Wisnubrata

KOMPAS.com - Diet ketogenik atau yang lebih dikenal dengan diet keto adalah pola makan membatasi asupan karbohidrat. Karena pembatasan tersebut, diet ini mampu menurunkan berat badan dengan cepat. Diet keto juga mampu menurunkan kadar gula di dalam darah.

Mereka yang menjalankan diet ini mengganti karbohidrat dengan makanan yang tinggi protein dan lemak. Karena kemampuannya mengurangi berat badan serta kadar gula darah akibat pembatasan konsumsi karbohidrat, diet ini awalnya dimanfaatkan oleh penderita diabetes.

Diet keto dianggap mampu membantu penderita diabetes dalam mengontrol gula darah karena sifatnya yang rendah karbohidrat, terlebih jika mereka juga memiliki obesitas.

Saat menjalani diet ketogenik, seseorang dibatasi mengonsumsi karbohidrat tidak lebih dari 30 gram per hari. Selebihnya, mereka disarankan untuk mengonsumsi protein dan lemak.

Penderita diabetes memang dianjurkan untuk mengurangi karbohidrat, namun bukan berarti menghilangkan sepenuhnya dari komposisi makanan sehari-hari.

Baca juga: Mau Coba Diet Keto? Ketahui Dulu Manfaat dan Risikonya

Menjalankan diet keto bagi penderita diabetes mungkin berisiko jika tidak dilakukan di bawah pantauan ahli gizi. Sebab, seorang diabetesi masih membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energinya. Paling tidak, mereka membutuhkan sekitar 130 gram setiap harinya dan disarankan berasal dari karbohidrat kompleks.

Kesalahan umum yang terjadi saat melakukan diet keto

1. Tidak cukup minum air putih

Air sangat penting untuk menjaga agar cairan dalam tubuh kita tetap terpenuhi. Kekurangan cairan akan membawa kita pada masalah baru, seperti penyakit ginjal.

Jika dalam keadaan normal keberadaan air sangat diperlukan bagi tubuh, ketika menjalani diet keto kebutuhan air harus lebih diperhatikan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X